Analisa prosedur sistem administrasi

Alisa Alaina, Mada Aditya Wardana

Abstract


Dalam perkembangan perusahaan minyak dan gas bumi di Indonesia yang semakin maju dan pesat, PT Pertamina (Persero) MOR VI Kalimantan mengikuti perkembangan teknologi dengan meningkatkan kinerja dalam proses sistem aplikasi administrasi E-Correspondance (Electronic Correspondance ) atau disingkat E-Corr hal ini bertujuan untuk mempermudah seluruh pekerja di PT Pertamina (Persero) MOR VI Kalimantan. Manfaat dari implementasi E-Corr diantaranya adalah penghematan kertas, pekerjaan lebih rapi dan terstruktur, dokumentasi tersimpan dengan rapi dan jelas. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Objek yang menjadi penelitian adalah tentang prosedur administrasi PT Pertamina (Persero) MOR VI Kalimantan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : Proses administrasi dengan menggunakan sistem E-Corr, surat menyurat pada PT Pertamina (Persero) MOR VI, surat masuk dan surat keluar, tata cara penomoran surat, dan pengarsipan surat masuk dan surat keluar, perbandingan sistem aplikasi E-corr dengan e-mail.


Keywords


Prosedur; administrasi

References


Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia No. 09 tahun 2000 tanggal 22 Desember 2000 tentang Pedoman Penyusutan Arsip pada Lembaga-lembaga Negara dan Badan-badan Pemerintahan

PP No. 31 Tahun 2003 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi Negara (Pertamina) Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.

Undang-Undang republik indonesia nomor 8 tahun 1997 tentang dokumen perusahaan.

Undang-Undang republik indonesia nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi.

Undang-Undang no. 43 tahun 2009 Tentang Kearsipan.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i2.13213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alisa Alaina, Mada Aditya Wardana


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen