Faktor penentu keputusan pembelian minuman kopi di era next normal

Mutia Ulfah

Abstract


Bisnis Coffee Shop merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Kota Pekanbaru. Saat ini, harga, kualitas, dan pelayanan tidak lagi menjadi pertimbangan utama bagi penikmat kopi. Saat ini, Suasana dan Lokasi Coffee Shop menjadi faktor penting bagi Peminum Kopi dalam memilih tempat untuk membeli dan menikmati secangkir Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suasana dan Lokasi dari Coffee Shop terhadap Keputusan Pembelian para Peminum Kopi di Kota Pekanbaru. Berdasarkan 97 orang responden Peminum Kopi di Kota Pekanbaru melalui teknik sampling purposive dan metode analisa regresi linear berganda diketahui bahwa Keputusan Pembelian Peminum Kopi di Kota Pekanbaru dipengaruhi oleh suasana dan lokasi Coffee Shop. Dimana Exterior dan General Interior pada suasana Coffee Shop menjadi prediktor yang lebih kuat dibanding prediktor lainnya yakni Layout dan Interior Displays. Begitu juga dengan lalu lintas, tempat parkir yang luas dan lingkungan yang aman pada lokasi Coffee Shop menjadi prediktor yang lebih kuat dibanding prediktor lainnya yakni visibilitas dan akses Coffee Shop tersebut. Hasil uji analisa menunjukan bahwa Suasana dan Lokasi Coffee Shop yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjelaskan Keputusan Pembelian para Peminum Kopi di Kota Pekanbaru sebesar 77%. Suasana dan Lokasi Coffee Shop berkontribusi terhadap Keputusan Pembelian Peminum Kopi di Pekanbaru


Keywords


Buying decision; store atmosphere; location; coffee shop; next normal

References


Baker, et al. (1994). The Influence of Store Environment on Quality Inferences and Store Image. Journal of Academy of Marketing Science, 22(4), Springer, 328- 339.

Blackwell, R., Miniard, P., & Engel, J. (2001). Consumer Behaviour (6th ed.). Ohio: South-Western.

Cheng, P. Y., & Wee, K. K. M., Leow, M. Y., & Yeo, L. (2014). Factors Influencing Purchase Intention of Starbucks. Final Year Project, UTAR.

Grewal, et al. (1998). The Effects of Wait Expectations and Store Atmosphere Evaluations on Patronage Intentions on Service-Intensive Retail Store. Journal of Retailing, 79, Elsevier, 259-268.

Huang, Y. F., & Hoang, D. S. (2014). An Empirical Analysis on Purchase Intention on Coffee Beverage in Taiwan. European Journal of Business and Management, 6, 182- 196. https://www.iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/17364/17961

Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect Of Store Atmosphere On Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, 7, 35-43.

International Coffee Organization. (2016). Market Shares Of Tea And Coffee In The Retail And Foodservice Sectors. Retrieved September 30, 2022, from http://www.ico.org/documents/cy2014-15/icc-115-7estudy-china.pdf

Kotler, P. (1973). Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing, 49(4), Elsevier, 48-64.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2006). Marketing Management (12th Ed). Upper Saddle River, Pearson.

Pan, FC., Su, SJ., Chiang, CC. (2008). Dual Attractiveness of Winery: Atmospheric Cues on Purchasing. International Journal of Wine Business Research, 20(2), 95-110. Emerald Group Publishing Limit

Rachel, H. (2014, August 6). 3 Reasons Why Starbucks Still Shines, Despite Market Shortcomings - Forbes. Retrieved October 11, 2022 from https://www.forbes.com/sites/rachelhennessey/2012/08/06/3-reasons-why-starbucks-still-shines-despite-market-shortcomings/?sh=8b9d65b1cd09

Seock, Y. (2009). Influence of Retail Store Environment Cues on Consumer Patronage Behavior across Different Retail Store Formats: An Empirical Analysis of U.S Hispanic Consumers. Journal of Retailing and Consumer Services, 16(5), Elsevier, 329-339. https://ideas.repec.org/a/eee/joreco/v16y2009i5p329-339.html

Tucker, C. (2011). Coffee culture. New York: Routledge.

Yalcin, M. & Kocamaz, T. (2003). The Effect of Store Atmosphere Attributes on Store Loyalty Intentions of Hypermarket/Supermarket Customers. 18, 274-275.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.12324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutia Ulfah


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen