CSR disclosure dengan ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage sebagai variabel eksogen

Hamdani Hamdani, Hendra Galuh Febrianto, Puspa Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverageterhadap CSR disclosure. Ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural dari total aset, profitabilitas diukur menggunakan ROA dengan membandingkan laba bersih dengan total aset perusahaan dan leverage diukur oleh DER. CSR disclosure sebagai variabel dependen diukur dengan standar GRI G4. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang tercatat di BEI periode 2016-2020. Sampel yang digunakan ada 45 sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, analisis korelasi dan determinasi serta uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap CSR disclosure. Sedangkan, profitabilitas dan leverage menunjukan hasil tidak signifikan. Secara simultan (uji F) menemukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara bersama-sama terbukti memberikan pengaruh positif signifikan terhadap CSR disclosure.


Keywords


Ukuran perusahaan; profitabilitas; leverage; CSR disclosure

References


Achmad Badjuri 2011. Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya di Indonesia. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan (Volume 3 No. 1;38 – 54)

Apriyanti, Budiasih 2016. Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan High dan Low Profile. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. (Volume 14 No.2).

Arimbawa,Wirakusuma 2016. Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Pembagian Dividen Pada Harga Saham:studi empiris pada Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.(Volume 14 No. 1; 19-33)

Barus, Maksum 2011. Analisis Pengungkapan Informasi Corporate Social Res[onsibility dan Pengaruhnya Terhadap Return Saham: studi empiris pada Bursa Efek Indonesia.JAAI.(Volume 15 No. 1; 83-102)

Budiman 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertanggungjawaban Sosial. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia.JRAMB, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UMB Yogyakarta.(Volume 1 No. 1.)

Dewi, Priyadi 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Studi Empiris Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.(Volume 2 No. 3)

Dwipadyana,dkk 2015. Kepemilikan Manajerial dan Leverage Sebagai Prediktor Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. (Volume 20 No. 2)

Fibrianti, Wisada 2015. Pengaruh Hutang, Profitabilitas dan Tanggung Jawab Lingkungan pada CSR Disclosure perusahaan pertambangan.Studi Empiris pada Perusahaan Tambang yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. (Volume 11 No.2;341-355)

Global Reporting Initiatiative. 2013 “Pedoman Laporan Keberlanjutan”, www.globalreporting.org. Diakses pada tanggal 14 April 2016

Harjito Martono.2012.Manajemen Keuangan.Yogyakarta:EKONISIA

Hasnawati, Sawir 2015. Keputusan Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Nilai Perusahaan Publik Indonesia.Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia.JMK.(volume 17 No. 1; 65-75)

Imam Ghozali. 2013.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21.Semarang:UNDIP

Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. 2012. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility”, dalam Media Riset Akuntansi. Vol 2 No. 1

Kasmir.2015.Analisis Laporan Keuangan.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Manurung.2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Skripsi. Semarang : Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Mardikanto, M.S.2014. Corporate Social Responsibility.Bandung:Alfabeta

Maria Wijaya 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yYang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Studi Empiris Pada BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1. No. 1.

Nugroho,Yuliyanto 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan Terdaftar di JII 2011-2013. Studi Empiris Pada Jakarta Islamic Index. Accounting Analys Journal (AAJ). (Volume 4 No. 1)

Oktariani, Mimba 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Tanggung Jawab Lingkungan pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. (Volume 6 No.3;402-418).

Otoritas Jasa Keuangan, Peraturan Nomor 33/PJOK.04/2014 Tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik yang tertuang pada BAB III Bagian kesatu Pasal 20 ayat 3 (http://www.ojk.go.id), diakses Mei 2016.

Pebriana, Kadek Umi Sukma, dan I Made Sukartha. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Komposisi Dewan Direksi dan Kepemilikan Instirusional pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Bursa Efek Indoneisa. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Solihin.2015.Corporate Social Responsibility.Jakarta:Salemba Empat

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D:Bandung:Alfabeta

Suhardjanto, Nugraheni 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure terhadap Nilai Perusahaan. Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia.Jurnal Akuntansi.(Volume XVI, No. 02;162-175)

Suharto.2010.CSR & COMDEV.Bandung:Alfabeta

Taniredja,Mustafidah.2014. Penelitian Kuantitatif.Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.12277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hamdani Hamdani, Hendra Galuh Febrianto, Puspa Lestari


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen