Meningkatkan keunggulan bersaing UMKM kuliner

Authors

  • Siska Ernawati Fatimah universitas swadata gunung jati cirebon
  • Hana Rizky Fadhil Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.12268

Keywords:

Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meotde penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM kuliner di kecamatan pasawahan Kabupaten Kuningan dengan jumlah 100 orang. Teknik penarikan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.

References

Cahyani, N. K. Y., Wimba, I. G. A., & Wijaya, P. Y. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran. 1(2), 457–470.

Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Keunggulan Bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM Kota Jambi. 10(01), 1–15.

Merakati, I., Rusdarti, & Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.

Nizam, M. F., Mufidah, E., Fibriyani, V., Pasuruan, U. M., Kunci, K., Kewirausahaan, O., & Produk, I. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk, dn Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal Emba, 5, 100–109.

Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510

Retnawati, B. B., & Retnaningsih, C. (2020). Role of Entrepreneurial Orientation and Market Orientation on Competitive Advantage Through Marketing Performance: The Study at Marine-Based Food Processing Industry in Central Java. 135(Aicmbs 2019), 66–71. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200410.011

Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Paar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis. Keunggulan Kompetitif, 7(3), 1481–1509.

Sukaatmadja, I. P. G., Yasa, N. N. K., Rahyuda, H., Setini, M., & Dharmanegara, I. B. A. (2021). Competitive advantage to enhance internationalization and marketing performance woodcraft industry: A perspective of resource-based view theory. Journal of Project Management, 6, 45–56. https://doi.org/10.5267/j.jpm.2020.9.002

Wijaya, P. Y. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran. 1(2), 457–470.

Zuliasanti, K., Rusdarti, & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaaran UKM. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 27–42.

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles