Meningkatkan keunggulan bersaing UMKM kuliner
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meotde penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM kuliner di kecamatan pasawahan Kabupaten Kuningan dengan jumlah 100 orang. Teknik penarikan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cahyani, N. K. Y., Wimba, I. G. A., & Wijaya, P. Y. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran. 1(2), 457–470.
Fadhillah, Y., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Keunggulan Bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM Kota Jambi. 10(01), 1–15.
Merakati, I., Rusdarti, & Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.
Nizam, M. F., Mufidah, E., Fibriyani, V., Pasuruan, U. M., Kunci, K., Kewirausahaan, O., & Produk, I. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk, dn Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran UMKM. Jurnal Emba, 5, 100–109.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510
Retnawati, B. B., & Retnaningsih, C. (2020). Role of Entrepreneurial Orientation and Market Orientation on Competitive Advantage Through Marketing Performance: The Study at Marine-Based Food Processing Industry in Central Java. 135(Aicmbs 2019), 66–71. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200410.011
Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Paar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis. Keunggulan Kompetitif, 7(3), 1481–1509.
Sukaatmadja, I. P. G., Yasa, N. N. K., Rahyuda, H., Setini, M., & Dharmanegara, I. B. A. (2021). Competitive advantage to enhance internationalization and marketing performance woodcraft industry: A perspective of resource-based view theory. Journal of Project Management, 6, 45–56. https://doi.org/10.5267/j.jpm.2020.9.002
Wijaya, P. Y. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran. 1(2), 457–470.
Zuliasanti, K., Rusdarti, & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaaran UKM. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 27–42.
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.12268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siska Ernawati Fatimah, Hana Rizky Fadhil
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen