Pengaruh product quality, service quality, price, dan brand image terhadap customer satisfaction

Cicik Avitia Ningrum, Christiawan Hendratmoko

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan dalam rangka mengetahui pengaruh dari product quality (kualitas produk), service quality (kualitas pelayanan), price (harga), dan brand image (citra merek) terhadap customer satisfaction (kepuasan pelanggan) pada Warunk Mie Gacoan di Solo. Untuk penelitian ini sumber data dimunculkan dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh lewat penyebaran kuesioner terhadap para responden yang jumlahnya 100 orang secara online. Sementara data sekunder yang dipakai bersumber dari jurnal penelitian, buku, dan internet.  Untuk mengungkapkan data penelitian dengan tepat, dipergunakan uji instrument data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasilnya memperlihatkan bahwa variabel price dan brand image berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara signifikan. Sementara untuk variabel product quality dan service quality memberi pengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


Product quality; service quality; price; brand image; customer satisfaction

References


Arikunto, S. (2013). Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Armstrong, Kotler. (2015). Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfh edition. England: Pearson Education, Inc.

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Atmaja, Jaka. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica Vol. 2 No. 1 Hal 49-63.

Badri, Muhammad. (2011). Corporate Marketing and Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Habibah, Ummu dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31-48.

Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson. Kotler & Keller. (2012).

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. Edisi 15 Global Edition.

Pearson.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, Amstrong. (2017).

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Sarwo. (2015). Manajemen Warna dan Desain. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Pangestu, J. D dan G. Rahmawan.(2021). Determination Factors of Buying Decision at The

Indonesian Cigarette Industry. International Journal of Multi Science Vol. 1 No. 10

Hal 79-87.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi. Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Stiadi. (2013). Konsep dan Praktek penulisan riset keperawatan (Ed.2). Yogyakarta: Graha

Ilmu. Sugiyono. (2013).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Andi. Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakerta. Andi.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja (Edisi Ke 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Wirayanthy, Noverita dan S. Santoso. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Lbel. JMD Vol. 2 No. 2, Hal 87-96.

Zulkarnaen, W & Amin, N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi).




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.11837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cicik Avitia Ningrum, Christiawan Hendratmoko


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen