Analisis pengelolaan dan penggunaan dana desa di kabupaten Kutai Timur

Fajar Hidayat, Syarifah Hudayah, Juliansyah Roy

Abstract


Penerapan dana desa di Kabupaten Kutai Timur telah berjalan lebih kurang selama lima tahun dan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Namun hanya sedikit sekali desa di Kabupaten Kutai Timur yang mampu memanfaatkan dana desa yang mereka terima dengan baik hingga berhasil menjadi Desa Mandiri dan Desa Maju. Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan dan penggunaan dana desa di Kabupaten Kutai Timur menggunakan wawancara terstruktur sebagai alat pengumpulan data yang berpedoman pada PP No. 60 Tahun 2014 dan Permendesa No. 16 Tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penganggaran dana desa secara penuh merupakan wewenang Pemerintah Pusat sedangkan pengalokasian dana desa diatur dalam Peraturan Bupati Kutai Timur dengan mempertimbangkan jumlah penduduk desa, luas wilayah desa, angka kemiskinan di desa, dan tingkat kesulitan geografis setiap desa tersebut. Penyaluran dana desa diatur dalam regulasi yang cukup jelas, tetapi seringkali terlambat karena kurangnya kuantitas aparatur desa yang memiliki kompetensi dan terlambatnya penerbitan Peraturan Bupati terkait rincian dana desa dan penggunaannya. Proses penatausahaan pengelolaan keuangan desa untuk desa-desa di Kabupaten Kutai Timur telah seragam dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah karena penggunaan aplikasi Siskeudes. Penggunaan dana desa di Kabupaten Kutai Timur telah mengutamakan hak dan kepentingan seluruh warganya serta sejalan dengan karakteristik wilayah dari masing-masing desa. Seluruh kegiatan pengelolaan dana desa telah dipantau dan dievaluasi secara internal oleh perangkat desa yang didampingi oleh pendamping lokal desa dari Kementerian Desa. Selain itu pengawasan dan evaluasi juga rutin dilakukan oleh masing-masing Kecamatan yang berkoordinasi dengan DPMD.


Keywords


Dana desa; pengelolaan keuangan dana desa; prioritas penggunaan dana desa

References


Adiwilaga, R., Alfian, Y., dan Rusdia, U. (2018). Sistem Pemerintahan Indonesia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ellison, S. L. R., Farrant, T. J., dan Barwick, V. (2009). Practical Statistics for the Analytical Scientist: A Bench Guide. Cambridge: The Royal Society of Chemistry.

Hamidi, J., Arrsa, R. C., Fadhilah, N. L., Mauntie, Y., Annafi, B. U., Iswara, D. B. dan Arming. (2012). Teori dan Hukum Perancangan Perda. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Haryanto, J. T. (2015). "Manfaat Bijak Dana Desa". Kementrian Keuangan Republik Indonesia: Artikel dan Opini. .

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, N. (2017). Tata Kelola Pemerintahan Desa Era UU Desa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indinesia.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya dalam Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sululing, S. (2018). Akuntansi Desa: Teori dan Praktek. Malang: IRDH.

Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i4.11603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fajar Hidayat, Syarifah Hudayah, Juliansyah Roy


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen