Analisis daya saing ekspor kakao indonesia ke amerika serikat tahun 2000-2019

Priska Dian Amalia, Mohammad Wahed

Abstract


Kakao merupakan salah satu andalan ekspor Indonesia. Bahkan Indonesia termasuk ke dalam 5 negara pengekspor kakao terbesar di dunia. Indonesia berada di urutan ketiga setelah Pantai Gading dan Ghana dan di urutan keempat terdapat Nigeria dan Kamerun. Kakao Indonesia telah di ekspor ke berbagai negara salah satunya Amerika Serikat. Namun dalam 10 tahun terakhir volume dan nilai ekspor kakao Indonesia ke Amerika Serikat menurun. Sehingga hal ini akan mempengaruhi daya saing Indonesia dengan negara lainnya. Maka dari itu, penelitian ini akan membahas bagaimana perkembangan ekspor kakao Indonesia selama tahun 2000-2019 dan bagaimana daya saing ekspor kakao Indonesia ke Amerika serikat dengan Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Kamerun. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil dari penelitian ini yaitu Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan daya saing kuat karena nilai RCA Indonesia lebih besar dari 1. Namun nilai RCA Indonesia masih lebih kecil daripada Pantai Gading dan Ghana tetapi lebih besar daripada Nigeria dan Kamerun. Sehingga jika dibandingkan dengan Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Kamerun maka daya saing Indonesia masih sedang.


Keywords


Kakao; daya saing; keunggulan komparatif; perdagangan internasional

References


Aisyah, D. (2021). Analisis Daya Saing Ekspor Kakao Indonesia di Pasar Internasional.

Aksara, D. (2021). Mengenal Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia.

Aurul, A. D. (2019). Pengaruh Produksi, Kurs dan Harga Internasional Terhadap Ekspor Kakao Indonesia.

Balassa, B. (1965). Trade Liberisation and Revealed Comparative Advantage. The Manchester School. https://doi.org/10.1111/j.1467-9957.1965.tb00050.x

Ginting, N. M., Rahmanta, R., & Lindawati, L. (2021). Analisis Daya Saing Kakao Olahan dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Kakao Olahan Provinsi Sumatera Utara, Indonesia di Pasar Internasional. Agro Bali : Agricultural Journal, 4(3), 425-437. https://doi.org/10.37637/ab.v4i3.843

Ikhtiari, L. (2018). Analisis Daya Saing Ekspor Kakao Indonesia.

Indonesia, K. P. (2018). Empat dari Sepuluh Produk Ekspor Andalan Indonesia Adalah Komoditas Pertanian.

Indonesia, K. P. (2020). Di Kala Pandemi, Industri Pengolahan Kakao Sumbang Ekspor USD 549 Juta. Maulana, A., & Kartiasih, F. (2017). Analisis Ekspor Kakao Olahan Indonesia ke Sembilan Negara

Tujuan Tahun 2000–2014. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 103-117. https://doi.org/10.21002/jepi.v17i2.664.

Nugroho, F. T. (2021). Tujuan Perdagangan Internasional dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui. Pertanian, P. E. (2021). Outlook Kakao 2020.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. (2019). Makroekonomi Teori Pengantar (24 ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada. Tresliyana, A., Fariyanti, A., & Rifin, A. (2004). Daya Saing Kakao Indonesia di Pasar Internasional.

Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 12(2). https://doi.org/10.17358/jma.12.2.150

Yogatama, B. K. (2015). Mars Chocolate Indonesia masih fokus pasar ekspor.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Priska Dian Amalia, Mohammad Wahed


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen