Pengaruh kemudahan dan kepercayaan terhadap minat bertransaksi menggunakan spaylater

Dik Dik Hardiansyah, Rina Maria Hendriyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu  kemudahan dan kepercayaan terhadap variabel terikat minat menggunakan  Spaylater. Sampel penelitian ini adalah 400 responden yang berdomisili di Karawang, Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Kuantitatif serta metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel Probality Sampling dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini memanfaatkan SPSS 25 untuk Uji Keabsahan Data, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis. Hasil dari uji statistik T menunjukan bahwa kemudahan berpengaruh secara parsial signifikan dan positif terhadap minat bertransaksi, serta kepercayaan juga berpengaruh parsial  signifikan dan positif terhadap minat bertransaksi. Sedangkan hasil uji F menunjukan  bahwa variabel kemudahan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat bertransaksi dengan signifikan. Nilai dari pengaruh variabel kemudahan dan kepercayaan terhadap minat bertransaksi adalah sebesar 0,627 atau 62,7%, dan 0,373 atau 37,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam meningkatkan sebuah minat bertransaksi sebuah perusahaan perlu memperhatikan kemudahan menggunakan layanan dan kepercyaan konsumen.


Keywords


Kemudahan; kepercayaan; minat bertransaksi; pemasaran

References


Ahmad, Y. (2020). The Influence of Useful, Ease, Trust, andconvience interest in Customer Behavior and Decision Using Internet Banking in the part of PT.Bank Rakyat Indonesia TBK. 6(2), 175-197. https://doi.org/10.26487/hjabe.v3i3.347

Andryanto. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Di Toko Online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.co.id di Yogyakarta).

Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat , Kemudahan , dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater : Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta ( The Influence of Perceived Usefulness , Ease of Use and Income on Interest in Using Paylater : A Case Study of People in DKI Jakart. 2(4), 309–325.

Dewi, R., Purnamasari, A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh perceived ease of use , perceived usefulness , perceived risk , dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran paylater The effect of perceived ease of use , perceived usefulness , perceived risk , and brand image on p. 13(3), 420–430.

Ghozali. (2018). . Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kholid, & S. (2019). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. 8 (2), 49–57.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.

Umar. (2015). Metodologi Penelitian: Kualitatif versus Kuantitatifâ€, dalam Metode Penelitian Hubungan Internasional. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11453

Refbacks



Copyright (c) 2022 Dik Dik Hardiansyah, Rina Maria Hendriyan


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen