Pengaruh shift kerja dan stress kerja terhadap peningkatan kinerja karyawan

Irma Irma, Abdi Akbar, Agung Widhi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh shift kerja dan stress kerja terhadap kinerja terhadap kinerja karyawan PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia di Kabupaten Bantaeng. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Huadi Nickel Alloy Indonesia dan sampel yang digunakan sebanyak 93 orang dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunkan Statistical Product and Servise Solution (SPSS). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan shift kerja dan stress kerja memberikan pengaruh yang signifikan. Secara parsial shift kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan stress kerja memberikan pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Shift kerja; stres kerja; kinerja

References


Arianto D., & Puspita A. D., (2019). Pengaruh Shift Kerja Terhadap Kinerja Melalui Journal Of Industrial And Systems Optimization. Doi: http://dx.doi.org/10.51804/jiso.v2il.23-28.

Bintoro dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan Muhammad. (2017). “Pengaruh Stress dan Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kalla Kakao Industri di Kota Makassarâ€. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7961/.

IARC Monographs. (2010). Shift Work. World Health Organization International agency for Research on Cancer, vol. 98(8): 563-764.

Kaswan. (2017). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Lubis, Y,. Hermanto, B,. & Edision, E. (2018). Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Mangkunegara Anwar Prabu Mangkunegara A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Vanchapo, A.R. (2020). Beban Kerja dan Stress Kerja. Pertama. Ed. Arsalan Namira. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irma Irma, Abdi Akbar, Agung Widhi Kurniawan


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen