Analisis strategi pemasaran gopay berupa segmentasi, targeting, dan positioning serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11443Keywords:
Implementasi strategi, segmentasi, targeting, positioning, keputusan pembelianAbstract
Strategi yang di terapkan dalam PT. Dompet Karya Anak Bangsa (DOKAB) Gopay meliputi segmenting yaitu geografi, demografi, psikografi, behaviour/perilaku. Kedua targeting dilakukan perusahaan dengan cara membidik pasar financial technology yang memiliki perusahaan (mass market targeting), ketiga positioning yakni perusahaan mengeluarkan desain produk disesuaikan dengan permintaan beserta minat dari pasar.Analisis data penelitian ini digunakan analisis kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, menggunakan Tools Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 25 For Windows. Teknik Samping yang digunakan dalam penelitian ini Teknik probability sampling dengan proposional simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih Gopay. Dan kemudian berdasarkan hasil analisis kuatitatif penelitian ditemukan pengaruh terhadap keputusan konsumen pembelian Gopay di Karawang melalui Strategi Targeting H2 X2 dengan t hitung (4.030) diluar area pengaruh tetapi di terima karena ada nya pengaruh positif dan Strategi Positioning (3.128) diluar area pengaruh tetapi memiliki nilai positif sehingga diterima. Yang dimana kedua Statregi ini berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap Gopay.
References
Agustim, W. (n.d.). SEGMENTATION, TARGETING AND POSITIONING ANALYSIS BY BROADCASTING PROGRAM RADIO MITRA 97,0 FM BATU CITY .
Ali Mujahidin, I. K. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro.
Huwaydi, Y. H. (2018). Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya .
Danang Kusnanto,Abidzar Achmadtyar Fazrul Haq,Ilyan Sandrian Fahmi. (2020) Pengaruh
Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pengguna Aplikasi Grab Karawang.
Jamira, A. (2017).Analisis Segmentating Positioning Targeting Studi Kasus Kripik Kentang Leo.
Nurlaela Eva Puji lestari.(2020) Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Merk Zoya Pada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas BSI Serta Dampaknya Terhadap Brand Loyalty.
Andrian Gunarso Leliga,Charly Hongdiyanto,(2016).Penentuan Segmenting,Targeting,Dan
Positioning Untuk Projek Indotaste.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518 is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License