Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian

Authors

  • Rahel Sophia Maretiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Zainal Abidin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11428

Keywords:

Harga, kualitas pelayanan, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Riffa Store Di Kota Tenggarong), jumlah sampel yang diambil pada penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, data yang disajikan adalah data yang diperoleh dari hasil jawaban responden, menggunakan alat bantu hitung dengan program SPSS versi 23 dan menganalisis nilai regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abubakar. Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi. ALFABETA. Bandung.

Anim. Albina dan Indiani. Ni Luh Putu. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 5. No. 1. ISSN: 2528-1208.

Fahrevi. Sendy Rahmat dan Satrio. Budhi. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee.Co.Id. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. e-ISSN : 2461-0593.

Kotler. Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.

Malau. Herman. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Maria dan Ngaliman. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pelnas PT. Duta Bahari Sentosa. Universitas Batam. Indonesia. Vol. 7. No. 2. ISSN 2087-6998.

Marpaung. Budiman dan Mekaniwati. Ani. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 8 No. 1. ISSN: 2337-7860.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif. R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Snedecor & Cochran. (2015). Statistical Methods. USA: Iowa State University Press.

Tjiptono. Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.

Turmono dan Fairuz. Ahmad. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiki Tegal Parang A258p Jakarta. Jurnal Manajemen. Vol. 15. No.2.

Wibowo. Hafidh Okta dan Rahayu. Saptani. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan :Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antarmakanan Gofood Di Kota Solo. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan. Vol. 8. no. 1. ISSN: 1979-2700.

Published

2022-09-02

Issue

Section

Articles