Pengaruh suku bunga BI dan inflasi terhadap harga saham

Fadillah Fadillah, Nurul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh suku bunga BI dan inflasi terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri Tbk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif (hubungan). Penelitian asosiatif digunakan untuk mengetahui pengaruh antara suku bunga BI dan inflasi terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri Tbk. Variabel dalam penelitian ini adalah suku bunga BI, inflasi dan harga saham. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yaitu mengambil sampel yang ditentukan sebelumnya berdasarkan maksud dan tujuan penelitian dan sampel dalam penelitian ini adalah data suku bunga BI , inflasi dan harga saham selama 13 tahun mulai dari tahun 2008 sampai dengan 2020. Analisis data yang digunakan berupa uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji koefisien korelasi, uji parsil (t) dan uji kelayakan model (F). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial yaitu suku bunga BI tidak berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri Tbk. (X1), inflasi tidak berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri Tbk. (X2) dan secara simultan yaitu suku bunga BI dan inflasi berpengaruh terhadap harga saham pada PT. Bank Mandiri Tbk. (X3).


Keywords


Suku bunga BI; Inflasi; Harga saham

References


Alam, Md. Mahmudul, Md Gazi Salah Uddin. 2009. Relationship Between Interest Rate and Stock Price: Emperical Evidence From Developed and Developing Countries. International Journal of Business and Management, 3 (4).

Atik, Yopi Atul Imrpoh. 2012. Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, dan Tingkat Suku Bunga SBI terhadap Harga Saham Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. FakultasEkonomi:Universitas Gunadarma, Jakarta.

Fahlevi, Mochammad. 2019. The Influence Of Exchange Rate, Interest Rate and Inflation On Stock Price Of LQ45 Index In Indonesia. Advances in Science, Education and Humanities Research, 1st International Conference On Administration Science (ICAS), 434.

Gilarso,T.2004.Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta:Kanisius.

Ginting, Maria Ratna Marisa. 2016. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Pada Sub-Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode2011-2015).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),35 (2).

Gujarati, Damoar N dan Dawn C. Porter. 2013. Dasar-dasar Ekonometrika Edisi 5 buku 1. Diterjemahkan oleh Eugenia Marda nugraha,et.al. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Hasibuan. 2011. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

JogiYanto, Hartono. 2008. Teori Portofolio dan Analisis investasi.Yogyakarta:BPFE.

Khan, Zohaib. 2012. Impact Of Interest Rate, Exchange Rate and Inflation On Stock Return Of KSE 100 Index. International Journal Economic, 315 (5).

Maronrong, Ridwan dan Kholik Nugroho. 2017. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Otomotif Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017. Jurnal STIE Ekonomi, 26 (2).

Mishkin, F.S. 2008. Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Edisi 8. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Nopirin. 2012. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Makro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nurasila, Ersah,et.al. 2019. Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Terhadap Harga Saham Pada Sektor Industri Barang dan Konsumsi. Manajer Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2).

Puspopranoto, Sawardjo. 2004. Keuangan, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatitif, Kombinasi, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunardi, Nardi dan Laila Nurmillah Rabiul Ula. 2017. Pengaruh BI Rate, Inflasi dan Kurs Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Jurnal Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi (SEKURITAS), 1 (2).

Yestika, Dwi Utami dan Sukamto. 2020. Pengaruh Kenaikan Suku Bunga BI dan Inflasi Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2).

Yuliawan. 2016. Pengaruh Tingkat Suku Bunga (SBI) dan Inflasi Terhadap IHSG Industri Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Idonesia (BEI). Bijak Majalah Ilmiah Institute STIAMI, 8 (1).




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadillah Fadillah, Nurul Huda


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen