Pengaruh pelayanan klaim peserta bpjs ketenagakerjaan terhadap kepuasan peserta

Youda Subagja, Widwi Handari Adji, Wilma Zuarko Adji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan klaim peserta terhadap kepuasan peserta pada kantor cabang bandung soekarno hatta. jenis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini 100 responden. Penelitian ini tentunya memakai metode yaitu menyebarkan kuesioner, angket dan observasi. analisis data penelitian dengan menggunakan uji validitas, memiliki hasil keputusan r hitung > rtabel 0,195 oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa 16 pernyataan yang digunakan sebagai sarana variable X dan Y, dapat dikatakan valid atau digunakan sebagai sarana penelitian. dan uji reliability, nilai cronbach’s alpha adalah 0,913 pada reliabiti statistics sebagaimana pengambilan keputusan uji reliability dapat disimpulkan semua bahwa butir adalah reliabel dan uji regresi linear sederhana, jadi untuk nilai f pada korelasi nilai f hitung = 259.619 tingkat signifikansinya sebesar 0,001 < o,o5 dalam hal ini terjadi pada model regressi bisa/dapat dipakai dengan memprediksikan suatu variabel religiusitas ada kata lain dari pengaruh variabel religiusitas (X) pelayanan klaim dan variabel (Y) kepuasan peserta. dengan menggunakan bantuan aplikasi software perangkat lunak spss versi 28.0.0.0 . data sekunder diperoleh dari buku-buku metode penelitian, jurnal, dokumen peserta serta literatur terkait. Antara lain teknik menganalisis data tersebut digunakan dengan cara mengumnpulkan data, penempatan data, penyajian data dan yang terakhir adalah penalaran. Hasil pada penelitian ini ditunjukan bahwa dalam pelayanan klaim peserta dengan 5 indikator, yaitu: 1) Nilai Tangible baik 2) Keandalan belum diterapkan dengan baik, 3) Responsivitas baik 4) Keamanan telah diterapkan dengan baik 5) Empati diterapkan. sesuai hasil pada penelitian empat dari 5 indikator kualitas pelayanan telah dilaksanakan dengan baik serta memenuhi kualitas pelayanan.


Keywords


Kualitas; pelayanan klaim peserta; kepuasan peserta

References


Arsadila, Ranissa. 2020. “Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Di Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Palembang 2019 Skripsi.â€

Haryanti, D. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun.†http://etheses.iainponorogo.ac.id/13258/.

Mahendra, Agdela Kristya, Yunaita Rahmawati, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi, and D A N Bisnis. 2021. “No Title.â€

Munthe, Risma Nurhaini, Fakultas Ekononomi, and Universitas Simalungun. 2019. “Pengaruh Kreativitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Bpjs Ketenagakerjaan

Cabang Pematangsiantar†1 (1).

Perpustakaan, Jurnal Ilmu, and Ranindya Puspaning Mellaty. 2015. “SEMARANG I†4 (2). Persada, Agrotama, H Muhammad Guntur, and M Si. n.d. “No Title,†1–14.

Putri, Sri, Ayuni Mulia, and Cut Devi Maulidasari. 2021. “Pengaruh Klaim Online Terhadap

Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh,†no. 2007.

Sari, D P, and A Achsa. 2020. “Analisis Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang.†Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan … 2 (3): 15–27. https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/36.

Ii, B. A. B., & Kerja, D. A. N. H. (2014). Adalah Mencangkup Penduduk Yang Sudah Atau Sedang Bekerja, Yang Sedang Mencari. 27–44.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i3.11383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Youda Subagja, Widwi Handari Adji, Wilma Zuarko Adji


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen