Analisis strategi pemasaran cv hilla terop dalam prespektif etika bisnis Islam

Alfin Maulana, Maulana Alfin Bahri

Abstract


Artikel ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab masalah yang terdapat pada CV. Hilla Terop yaitu bagaimana strategi pemasaran CV. Hilla Terop di Desa Medaeng kulon Kedung Turi Taman Sidoarjo, serta bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap strategi pemasaran CV. Hilla Terop di Desa Medaeng kulon Kedung Turi Taman Sidoarjo. Adapun metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan pada CV. HILLA TEROP ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Di mana penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, penulis mengaitkan Etika Bisnis Islam pada Strategi Pemasaran yang digunakan oleh pengelola CV. HILLA TEROP yang berlokasi di Desa Medaeng Kulon, Kedungturi, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Strategi pemasaran yang dilakukan CV. Hilla Terop untuk meningkatkan pendapatan usaha yaitu dengan menggunakan 4P yakni produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promosi). Kemudian Tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Hilla Terop mencakup lima prinsip, yaitu Tauhid (Kesatuan), Keseimbangan (Keadilan), Kehendak bebas, Tanggung jawab dan Kebenaran. Dari penelitian ini diperoleh rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan bagi Pengelola CV. Hilla Terop, yakni diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas produk yang disewakan serta inovasi dari barang yang disewakan. Dengan berinovasi, diharapkan akan mampu menciptakan produk-produk alat pesta dan tenda baru yang akan menimbulkan ketertarikan konsumen pada inovasi produk baru tersebut.


Keywords


Strategi pemasaran; etika bisnis islam

References


Abdul Aziz. Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islam Untuk Dunia Usaha. Bandung: Alfabeta, 2013.

Adnan, Muhammad, Hendri Tanjung, and Abrista Devi. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat & Keputusan Mahasiswa Bogor Berinvestasi di Pasar Modal Syariah pada Masa Pandemi (2019-2020)†5, no. 1 (2022): 21.

Ali Hasan. Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Asyraf Muhammad Dawwabah. Meneladani Keunggulan Bisnis Rasulullah. 4th ed. Semarang: Pustaka Nuun, 2008.

Badan Pusat Statistik. “Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19.†Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, 2020.

Buchari Alma. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Conny R. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Husein Umar. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Lubis, Rismayanti, M Kholil Nawawi, and Hilman Hakiem. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli pada Wirausaha Muslim: Studi pada Wirausaha Muslim Di Desa Laladon†5, no. 1 (2022): 10.

Masduqie, Muhammad Hamdan Ali, Syarifudin Syarifudin, and Ana Toni Roby Candra Yudha. “GREEN ECONOMY OF WASTE BANK IN THE PERSPECTIVE OF MAQASHID SHARIA IN SURABAYA.†Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 8, no. 5 (September 30, 2021): 593. https://doi.org/10.20473/vol8iss20215pp593-606.

Muhammad. Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 2004.

Rozhania, Zulfa Nabillatu, Kholil Nawawi, and Syarifah Gustiawati. “Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Pemasaran Busana Muslim Studi pada Almeera Moslem Store Bogor†5, no. 1 (2022): 12.

Wati, Ambar, Arman Paramansyah, and Dessy Damayanthi. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli: Studi Kasus Pasar Tradisional Pendopo Empat Lawang, Sumatera Selatan†2, no. 2 (2019): 17.

Wati, Destiya, Suyudi Arif, and Abrista Devi. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online di Humaira Shop.†El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3, no. 1 (November 24, 2021): 141–54. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.654.

Winarto, Ashif Jauhar, Achmad Fageh, and Muhammad Hamdan Ali Masduqie. “PeranCash Waqf Linked Sukuk (CWLS ) DalamOptimalisasi Pemulihan Ekonomi Nasional Di Masa Pandemi†8, no. 2 (n.d.): 10.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfin Maulana, Maulana Alfin Bahri


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen