Analisis pengaruh digital marketing, hedonisme dan brand equity terhadap purchase decision smartphone iphone di Yogyakarta

Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Dewi Nur Arifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Digital Marketing, Hedonisme Dan Brand Equity Terhadap Purchase Decision. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iphone di Yogyakarta, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedasitas. Uji analisis yang digunakan yaitu regresi linear, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Digital Marketing (DM) berpengaruh Negatif terhadap Purchase decision produk iphone, 2) Hedonisme (HS) berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase decision produk iphone. 3) Brand Equity (BE) berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase decision produk iphone, 4) Digital Marketing (DM), Hedonisme (HS), dan Brand Equity (BE) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Purchase decision produk iphone.


Keywords


Digital marketing; hedonism; brand equity; purchase decision

References


Agustin, K. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( Ukm ) Di Rattan Handmade Pekanbaru. 6(2).

Albertus, Y. (2020). Konsumerisme terhadap Gawai dan Dampaknya bagi Lingkungan: Studi Kasus pada Apple Inc. Jurnal Hubungan Internasional, 13(1), 101. https://doi.org/10.20473/jhi.v13i1.17616

Alvatwa, N. I., Fadilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Citra Merk, Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 816–825. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.392

Arifuddin, R. R., Kadir, A. R., & Kadir, N. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt.Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(3), 92–108.

Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Nurrohmah, M. (2022). Meningkatkan keputusan pembelian melalui integrated marketing communication ( imc ), brand positioning dan kualitas produk Improving purchase decisions through integrated marketing communication ( imc ), brand positioning and product quality. 24(1), 65–72.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.

Ferrinadewi, E. (2016). Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merekdi Surabaya ( studi pada pembelian barang mewah ). E-Journal Manajemen Kinerja, 2(2), 1–11.

Indrawati, D. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “Zoya.†Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 302. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150207.id

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42

Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Kartu Perdana SimPATI Telkomsel Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.

Pranawa, I. P. L. A., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 58. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2250

Prasetyo, A., Fadhilah, M., & Cahyani, P. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Konsumen Produk Dazzle Di Yogyakarta). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(4), 730–740.

Priandew, N. M. M. (2020). Jurnal Bingkai Ekonomi. Jurnal Bingkai Ekonomi, 5(2), 16–26.

Putra, S. C. (2017). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Strap Leather King. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume, 2(5), 574–583.

Putri, H. R. A., Fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2021). Meningkatkan Keputusan Pembelian Make Up Brand Lokal Wardah Melalui Celebrity Endorser, Brand Image dan Product Quality Pada Mahasiswi S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Produktivitas, 8(1), 138–146. https://doi.org/10.29406/jpr.v8i1.2853

Roring, F., Mananeke, L., & Marchall, M. (2015). Pengaruh Brand Equity, Store Atmosphere Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Fashionable Pada 3 Second Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1002–1012. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.7805

Sutra, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Kartu Telkomsel. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 213. file:///Users/macbookpro/Downloads/1559-5307-1-PB.pdf

Triandewo, M. A., & Yustine. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 13–24. https://doi.org/10.34208/jba.v22i1.743

Wadi, M. H., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 172. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.223

Wulandari, K. A., & Iriani, S. S. (2020). Store atmosphere dan gaya hidup hedonis sebagai penentu keputusan pembelian (studi pada konsumen rolag kopi kayoon surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(3), 909–920. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/8928/pdf




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muinah Fadhilah, Putri Dwi Cahyani, Dewi Nur Arifah


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen