Analisa menggunakan dompet digital

Laurensi Angelica, Ugy Soebiantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek dan promosi cashback terhadap minat menggunakan ulang dompet digital shopeepay di wilayah surabaya. Metode yang digunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek dan promosi cashback mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap minat menggunakan ulang dompet digital shopeepay.


Keywords


Kesadaran merek; promosi cashback; minat menggunakan ulang; shopeepay

References


Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan.Salemba Empat. Jakarta. Durianto, D. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Bi.go.id, (2020). Transaksi Uang Elektronik. Diakses pada 15 Januari 2022, dari https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik.transaksi.asp

Ardhya, B. N. (2019). Pengaruh Promo terhadap Minat Beli Konsumen (Study Pada Promosi, Cashback dan Diskon terhadap Minat Beli Konsumen di Restaurant Mister Baso di Mall CBD Cileduk). Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(3).

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanfan, A. (2017). Mengeksplorasi kesadaran merek terhadap minat beli ulang melalui sikap terhadap merek. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 24(2), 42-49.

Kurniawan, J. (2021). Faktor Cashback Dalam Penggunaan Fitur Pembayaran Go-Pay Melalui Aplikasi Go-Jek Di Burger King Central Park. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 4(1), 12-16.

Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455-1463.

Syah, Muhibbin, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837-848.

Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid–19 di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 123-130.

William, G., & Tjokrosaputro, M. (2021). Persepsi Kegunaan dan Promosi untuk Memprediksi Niat Penggunaan E-Wallet: Sikap sebagai Variabel Mediator. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 74-88.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Laurensi Angelica, Ugy Soebiantoro


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen