Pengaruh brand reputation dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram

Nunjiyatul Imaroh, Novi Marlena

Abstract


Penelitian berikut dilakukan guna mencapai tujuan untuk mengetahui pengaruh brand reputation dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram @thriftimpor. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang diambil yakni pengikut akun instagram dari @thriftimpor yang berjumlah 606.000 pengikut. Sampel ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Rumus slovin digunakan untuk mendapatkan jumlah kesesuaian sampel yaitu 100 responden. Teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran angket berupa google form. Metode analisis data pada penelitian berikut memakai analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian berikut yakni bahwa variabel brand reputation (Xâ‚) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dan variabel harga (Xâ‚‚) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), serta variabel brand reputation (Xâ‚) dan variabel harga (Xâ‚‚) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y).


Keywords


Brand reputation; harga; keputusan pembelian

References


Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.192

Aziz, A., & Tiarawati, M. (2021). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi 1. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 12, No. 1, 2021, 12(1), 1–14. https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.012.1.01

Bernard E. Silaban, H. A. (2017). analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Gaya Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Esensi, 20(2), 1–28.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30.

Febrianti, N. E. (2016). Analisis Pengaruh Promosi, Harga Dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Pembelian TV LCD Pada Toko Panasonic Pekanbaru. 4(1), 1–23.

Hidayatullah, T., & Barton, K. (2021). Thrifting shop, jual beli barang seken yang lagi digandrungi milenial. Lokadata. https://amp.lokadata.id/amp/thrifting-shop-jual-beli-barang-seken-yang-lagi-digandrungi-milenial

Lawi, G. F. K. (2021). Instagram menjadi platfrom andalan untuk pemasaran sepanjang 2021. Bisnis.Com. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20201231/88/1337426/instagram-jadi-platform-andalan-untuk-pemasaran-sepanjang-2021

Made, N., & Aksari, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 441–469. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.V7.I01.P17

Pradana, A. W., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Threat Emotion Dan Harga Terhadap Keputusan The Effectc O Threat Emotion And Price On Purchase Decision. 8(1), 448–454.

Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved di Thriftshop Online Instagram(Studi Kasus Pada Konsumen @rilyshop Di Kota Surabaya). Management Business Journal, 4(2).

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291–297. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11

Saputro, R. L. (2018). Thriftstore Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mempertahankan Eksistensi Pakaian Bekas Sebagai Budaya Populer di Surabaya). AntroUnairdotNet, VII(3), 335.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.

Widodo, T. (2016). Pengaruh Brand Image, Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Di Kulon Progo. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Wisnuwardhani, L. (2015). Melalui Media Facebook (Studi Pada Viee Second Kalla ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 1–8. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Zulaicha, S., Irawati, R., Administrasi, P., Terapan, B., & Batam, P. N. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Jurnal Inovasi Bisnis, Vol 4, No. https://doi.org/https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nunjiyatul Imaroh, Novi Marlena


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen