Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian generasi z pada produk olahan bandeng

Maylinda Gusti Pradiga, Saino Saino

Abstract


Perikanan budidaya di Indonesia memiliki potensi yang tinggi bagi masyarakat dan para generasi muda, potensi yang tinggi ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang dapat memberikan dampak terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat, sehingga mampu mendorong ekonomi lokal pada sentra-sentra produksi olahan perikanan budidaya. Salah satu pusat budidaya ikan tambak di Sidoarjo yaitu Desa Kalanganyar-Sedati yang disebut sebagai kampung iwak, karena merupakan komoditas penghasil berbagai olahan ikan bandeng, kerupuk, dan terasi, bahkan menjadi pusat ikan bandeng terbesar di Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh generasi Z pada olahan bandeng di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibuat dengan google form, dengan total 100 responden. Dari 15 variabel setelah dianalisis, terbentuk dua faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian olahan bandeng di Sidoarjo. Pertama, faktor sikap dengan nilai of variance sebesar 58,873%. Dan faktor kedua adalah faktor digital marketing dengan nilai of variance sebesar 8,038%.

Keywords


Analisis factor; stimuli pemasaran; keputusan pembelian; olahan bandeng

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. Dipetik Januari 20, 2022, https://sidoarjokab.bps.go.id/

Balqiah, T. E., & Setyowardhani, H. (2017). Perilaku konsumen (Edisi ke-1). Universitas Terbuka.

Basith, A., & Fadhilah, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–203. https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224.

Engel, F. J., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2010). Perilaku Konsumen. Bina Rupa Aksara.

Fira, D., M, A. N., & Fety, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 2 No.(1), 16–30.

Firdaus, A. A. (2015). Pengaruh Kelompok Acuan , Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko “ Windy Collection â€. Ilmu Manajemen Bisnis, 5 no 6, 1–11.

Halim, F., Kurniullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudars, A., Purba, B., Sisca, D. L., Mangiring, H., Permadi, A., & Novela, V. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2).

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 37–43.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. In Repository.Unitomo.Ac.Id (Pertama). Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/

Khasan, U. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian White Coffe. Cakrawala, 12(2), 157–161. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i2.271.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.

Lupyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi ketiga). Salemba.

Mardiana, D., & Sijabat, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Warkop On Mada Rantauprapat. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(1), 9–13. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.11126.

Medina, S. (2017). Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593, 6(November), 1–18.

Mentari, A., & Armia, S. (2016). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Kota Banda Aceh Dengan Persepsi Merek Mewah Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 23–36.

Prasetijo, R., dan Lhalauw, J. (2004). Perilaku Konsumen. Penerbit Andi.

Puspita Sari, B., & Isnaini Asiati, D. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Total. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 45. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i1.1644

Rinandiyana, L. R., Kurniawati, A., & Kurniawan, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Generasi Milenial Pada Industri Kuliner Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Manajemen, 3, 18–27. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/322.

Rozikin, Hasiolan, L. B., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Harga, Iklan Televisi Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza di Dealer Nasmoco Pemuda Semarang. Journal of Management.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.8.

Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 231–242. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231.

Sciffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer Behavior (7 Edition). Prentice Hall.

Simamora, B. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. ALFABETA.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.

Tompunu, M. M. M. (2014). Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di KFC Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, 2303-1174, 2(3), 610–621.

Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. Van. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1113–1122.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila.

Wulansari, M. (2015). Pengambilan Keputusan Kredit Orang Tua Ditinjau dari Harapan Akan Keberhasilan Study Anak Konsumen di Koperasi Putra Adi Pratama. http://etheses.uin-malang.ac.id/1476/

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maylinda Gusti Pradiga, Saino Saino


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen