Pengaruh diferensiasi produk, persepsi harga, kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen

Fadel Muhammad, Bogy Febriatmoko

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari diferensiasi produk, persepsi harga, kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen hollys. Objek penelitian ini merupakan keripik kulit ayam dari Hollys.snc. Responden dalam penelitian ini konsumen hollys di semarang. Sampel pada penelitian ini yaitu 100 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data ini diolah menggunakan SPSS versi 24. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan 6 diantaranya yaitu uji reliabilitas, uji validitas, regresi linier berganda, uji T, uji koefisien determinasi (R2), dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa diferensiasi produk, persepsi harga, kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen hollys. Dalam penelitian ini variabel yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu kualitas produk (X4), dengan nilai koefisien regresi variabel kualitas produk sebesar 0,276. Artinya konsumen selalu ingin produk yang terbaik, harga terjangkau dan produk yang berbeda dengan yang lain serta pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen. Di dalam penelitian ini terdapat keterbatasan dalam metode pengumpulan data yaitu keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian khususnya dalam melaksanakan kegiatan penyebaran kuesioner sehingga peneliti harus benar- benar bekerja lebih ekstra dalam mengumpulkan kuesioner penelitian. Bagi penelitian selanjutnya untuk memanfaatkan waktu penelitian dengan sebaik-baiknya terutama dalam hal penyebaran kuesioner, dimana peneliti harus meluangkan waktunya untuk menyebarkan kuesiner dalam waktu yang lebih cepat.


Keywords


Diferensiasi produk; persepsi harga; kualitas layanan; kualitas produk

References


Andalusi, Ratih. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Instrument Penunjang Labolatorium. Jurnal Madani. Vol. 1, No. 2, September 2018. Universitas Pamulang. 305-322.

Ashari, Anwar. (2009). “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Motor Hondaâ€. Universitas Negeri Semarang.

Asmini, et al. (2019). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 16 No. 1 April 2019. Universitas Sumbawa Besar. 91-101.

Astuti, Yulina, et al,. (2019). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasuke Cikarasa Langsa. Universitas Sumatera Utara. 141-152.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Baker, J., Grewal, D. and Parasuraman, A. (1994). The Influence Of The Store Environment On Quality Inferences And Store Image. Journal Of The Academy Of Marketing Science, Vol. 22, Pp. 328-39.

Bayu Hadyanto Mulyono, Dkk. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen: Perumahan Puri Mediterania Semarang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Volume 4, Nomer 2, Juli 2007. 91-100.

Dabbiru, et al. (2016). Influence Of Service Quality Dimensions On Customer Satisfaction Of Telcom Service. Journal Of Marketing Vistas. Volume 6, No. 1, January-June 2016. 38-51.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru. Http://Repository.Upi.Edu/17628/4/S_Mbs_1001311_Bibliography

Dejawata T.B., Kumadji, S., & Abdillah, Y.. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17 No. 2, 2014. 2.

Djaslim Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian), Bandung, Penerbit CV. Linda Karya.

Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Iii, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Giese & Cote. (2000). Academy Of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction Volume 2000 No. 1 Available: Http://Www.Amsreview.Org/Articles/Giese01-2000.Pdf.

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Bpfe.

Gilbert, G.R. Et.Al. 2004. Measuring Customer Satisfaction in Thefast Food Industry: A Cross-National Approach. The Journal Of Services Marketing, 18.

Griffin, Ricky W., and Moorhead, Gregory., 2014. Organizational Behavior: Managing People and Organizations. Eleventh Edition. USA: SouthWestern.

Handayani Uwais Al-Qarni dan Dede Suryana. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Indihome di Kota Cimahi. Jurnal Sains Manajemen. 1-22.

Monk, Ellen F., and Bret J. Wagner. 2013. Concepts in Enterprise Resource Planning. Fourth Edition. Boston: Course Technology.

Mullins, John W., Orville C. Walker Jr., Jean Claude Larreche, and Harper W. Boyd. (2005). Marketing Management: A Strategic DecisionMaking Approach. Fift Edition. The Mc Graw – Hill Companies. Newyork.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadel Muhammad, Bogy Febriatmoko


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen