Pengaruh gaya hidup, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

Rifki Ikhsanul Hidayat, Tri Sudarwanto

Abstract


Perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih menyebabkan pertukaran informasi sangat cepat sehingga banyak bermunculan trend baru pada gaya hidup masyarakat. Hal tersebut mengakibatkan perubahan pada gaya hidup masyarakat yang lebih condong menyukai barang branded disamping kualitasnya yang bagus membeli barang branded bertujuan untuk mengikuti trend yang terjadi. Salah satunya produk yang tengah digemari oleh masyarakat adalah sepatu Nike.Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis serta menguraikan pengaruh antara gaya hidup, citra merek dan kualitas produk pada keputusan pembelian produk sepatu nike di kota Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi konsumen sepatu nike di kota Surabaya. Pengambilan sampel dari penelitian ini dengan menerapkan teknik non probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 100 responden. Penelitian ini memanfaatkan angket online Google Form dengan menggunakan pengukuran skala likert dan diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya gaya hidup (X1) memiliki pengaruh pada keputusan pembelian (Y), Citra merek (X2) memiliki pengaruh pada keputusan pembelian (Y), Kualitas produk (X3) memiliki pengaruh pada keputusan pembelian (Y). Sedangkan secara simultan gaya hidup (X1), citra merek (X2), kualitas produk (X3) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan adanya penelitian ini diharap dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya khususnya dalam bidang pemasaran.


Keywords


Gaya hidup; citra merek; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Aaker, D. A. & A. L. Biel. (2012). Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates. Inc., Hillsdale.

Andrawina, P. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Iphone Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Ardiatama, E. & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Eiger. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 9 No 5

Arrahman, B. R., Jupriani, Heldi (2018). Dampak Modernisasi Fashion Terhadap Remaja Di Bangko Dalam Karya Seni Lukis Realis Kontemporer. SERUPA : The Journal of Art Education. Vol 6, No 3 (2018)

Brata, B. H., Husani S., & Ali H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), 433–445.

Dwikita S. (2021). Nike Semakin Berjaya dengan Memuncaki Peringkat Brand Finance 7 Tahun Berturut-turut [Halaman web]. Diakses dari https://www.baruaja.net/nike-semakin-berjaya-dengan-memuncaki-peringkat-brand-finance-7-tahun-berturut-turut/

Ependi, R. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Futsal Specs. Skripsi. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.

Hair, J.F. Jr., William, C. B., Barry, J. B., Rolph, E. A. (2010), Multivariate Data Analysis Edisi ke 7. Pearson.

Iskuntianti, D. N., Faisal, A. M., Naimah, J., Sanjaya F. V. (2020). The Influence Of Brand Image, Lifestyle, And Product Quality on Purchasing Decisions. Journal of Business and Management Review (JBMR). Vol. 1(6), 436-448

Kontributor Wikipedia. "Nike, Inc.." Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 6 Ags. 2021. Web. 6 Ags. 2021.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of Marketing 9e. Penerbit PT. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, P., Keller, L, K. (2012),Marketing Management 14th Edition, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Maupa, H, Kadir N, Sulbiah (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135-168.

Pamungkas P. A. & Guridno, E. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Pengguna Motor Vespa Di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 15, No. 1.

Pratama, K. E. & Nurbaya, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Osing Deles Banyuwangi. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 4 No.2.

Pratiwi, I. M. & Patrikha, D. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’i Sapiku Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol 9, No 3.

Rahman, H. A., & Sitio, A. (2019). The Effect of Promotion and Product Quality Through Purchase Decision on the Customer Satisfaction of Bohemian Project . Id Products. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(January).

Rahmawati, S., Pratiwi, I. M., Tjahjono, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Consina di Surabaya (Studi Kasus Pada Consina Store Dharmahusada Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. Vol 6, No 2

Ristanti, A. & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 8 No 3.

Saputra, T. S. & Hidayat, K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 50 No. 6 September 2017

Soemartono, K. H. (2021). Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital [Halaman web]. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker

Sugiyono, (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, Gregorius, Adriana, D. (2008), Pemasaran Strategik, Yogyakarta, ANDI.

Tumpal & Sitinjak, T. (2005). Pengaruh Citra Merek Dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol 12 Kartajaya.

Widiyanti, D. & Harti (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 15(1), 50─60.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifki Ikhsanul Hidayat, Tri Sudarwanto


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen