Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek sebagai variabel intervening

Muhammad Hafizh Ryananda, Ida Bagus Nyoman Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi harga, terhadap citra merek, (2) pengaruh kualitas produk terhadap citra merek, (3) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, (4) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (5) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah 126 responden di Yogyakarta yang pernah atau saat ini sedang menggunakan smartphone Xiaomi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hal ini menunjukkan bahwa (1) terdapat tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan Persepsi Harga terhadap Citra Merek (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Citra Merek (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (4) terdapat tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Persepsi harga; kualitas produk; keputusan pembelian; citra merek

References


Dr.Sandu siyoto. (2017). dasar metodelogi penelitian. https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-perilaku-pengguna-internet/

Elmi Yunita, G. W. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, brand image dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. 21(1), 1–9.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Laili Sofia Inayati. (2017). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1–20.

Maria Loki Kristianti. (2019). Analisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi tingkat keamanan, dan fitur layanan terhadap penggunaan mobile banking pada mahasiswa di DKI Jakarta. 11(1), 1–18.

Maulana, Y. S., Marista, M., Nurjanah, D. S., & Hadiani, D. (2021). The Effect Of Brand Image and Brand Trust On Oppo Cellphones Purchase Decision In Banjar City. Business Management Journal, 8(2), 214 – 225.

Megracia, S. (2021). Karakteristik dan Motivasi Entrepreneur Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Kasus Fashion Online Shop Di Kota Bandung). Journal Management, 20(1), 2655–8262. https://faisalbasri01.files.wordpress.com/

Mighfar, S., Sukaris, S., Saleh, M., & Dewantoro, A. Q. (2020). the Effect of Electronic Word of Mouth (EWOM), Product Quality and Price on Purchase Decisions. Innovation Research Journal, 1(2), 99. https://doi.org/10.31933/DIJMS

Pradita, K. D. (2019). Pengaruh tekanan eksternal, ketidakpastian lingkungan, dan komitmen manajemen terhadap penerapan transparansi pelaporan keuangan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2), 1–13.

Pratama, A. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pos Indonesia DC Ciputat. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 12. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6293

Rijadi, M. F. (2019). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo. Pengaruh Promosi, Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo, 8(1), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/779

Soedarmadi, A. A. F. P. (2020). Pengaruh brand image, kualitas produk, persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada produk susu natursoya cv. Global mandiri sejahtera kanca purwodadi). Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Suleman, D., Zuniarti, I., Marwansyah, S., & ... (2021). the Effect of Product Innovation on Samsung Smartphone Product Purchase Decisions Through Brand Equity As Intervening …. Journal of Industrial …, 2(5), 188–203. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/209

Tirta Kusuma, A., & Siagian, D. (2017). Peningkatan Keputusan Pembelian Berdasarkan Daya Tarik Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek (Studi Empirik 2017 Smartphone Xiaomi). Manajemen Pemasaran, 7(1).

Wahyoedi, S., Saparso, & Effendi, M. (2021). The Role Of Brand Image As Mediating Variable In The Influence Of Price And Promotion On Buying Interest ( Study Case On Hyundai Electric Car ). International Journal of Science, Technology & Management, 1743–1754.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Hafizh Ryananda, Ida Bagus Nyoman Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen