Pengaruh online customer review, social media marketing dan kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online melalui marketplace

Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani, Muhammad Alfian

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh online custumer review, social media marketing dan kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online melalui marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi sasaran adalah masyarakat di Yogyakarta yang pernah berbelanja secara online pada marketplace Shopee. Sampel penelitian adalah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara online dengan nilai thitung = 2,210 > rtabel = 1,987 dengan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. (2) Social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 3,166 > rtabel = 1,987 dengan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (3) Kemudahan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 2,755 > rtabel = 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Online customer review, social media marketing dan kemudahan  berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian secara online dengan nilai Fhitung sebesar 69,671 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.


Keywords


Online customer review; social media marketing; kemudahan; keputusan pembelian

References


Amalia Fadhila Rakhma, P. a. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi Pada Customer Marketplace Shopee Di Malang). 82–94.

Amirudin M. Amin, Hendra. 2020. “The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.Co.Id.†Management Studies and Entrepreneurship Journal 1(1): 78–96.

Arbaini, Pratiwi. 2020. “Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia.†Jurnal Bisnis dan Manajemen 7(1): 25–33.

Ardianti, A. N. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee. 1–11.

Bayu Panuju. 2020. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Social media marketing, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Tokopedia.†analisis pengaruh kepercayaan, social media marketing, kualitas pelayanan dan persepsi akan risiko terhadap keputusan pembelian pada situs tokopedia 21(1): 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o.

Cahyo Adi Prasetyo., d. (2021). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Shopee di Bandung tahun 2020 ). Vol. 58, No. 3.

Edwin Hadi Setiawan. 2017. “Pengaruh Social media marketing, Kemudahan, Kepercayaan Dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online.†pengaruh social media marketing, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian secara online 53(9): 1689–99.

Fajar Andiani. 2019. “Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah ( Mbs ).†pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan dan social media marketing terhadap keputusan pembelian online pada e-commerce shopee: 1–6.

Hartati, Sri, and Sumitro. 2020. “PENGARUH PERSEPSI RISIKO, REVIEW KONSUMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SHOPEE (Studi Kasus Konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur).†: 1–18.

Ilmiyah, Khafidatul, and Indra Krishernawan. 2020. “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.†Maker: Jurnal Manajemen 6(1): 31–42.

Lestari, I. T. & Widyastuti, W. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia).†Jurnal Ilmu Manajemen 7(2): 478–84.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, Dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).†Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1): 43–53.

Pratama, Y. E. (2019). Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Di Surakarta Ditinjau Dari Kualitas Layanan, Online Customer Review Dan Kepercayaan. Pratama, Yoga Endhi, Sudarwati Sudarwati, and Istiqomah Istiqomah. 2019. “Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Di Surakarta Ditinjau (02): 445–53.

Purwanto, N. (2019). Pengaruh Perceived Risk Dan Online Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tokopedia ( Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Kota Jombang). Purwanto, Nuri. 2019. “Pengaruh Perceived Risk Dan Online Costumer Review Terhadap Keput16 (2): 175–86.

Putri, Murindawati Sari, and AMA Suyanto. 2019. “Analysis the Effect of Trust , Easy , and Information Quality on Purchase Decisions on Marketplace in Indonesia.†e-Proceeding of Management 6(2): 2077–82.

Rafidah, I. d. (2017). Analisis keamanan kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Vol 6 No. 2, 1-17.

Solis, B. (2011). Engage : The Complete Guide for Brands and Businesses to Build. Cultivate. and Measure Succes in the New Web. John: New Jersey.

Susanto, M. A. (2016). Pengaruh Tinjauan Konsumen Online Terhadap Seni Pembelian: Studi Dalam Kosmetik Premium Indonesia. Konferensi. 221.

Tuten, T. L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Greenwood Publishing Group.

Vania, F. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. 5(1): 1–7.

Yunita, Nahla Rahma, Hadi Sumarsono, and Umi Farida. 2019. “Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo).†ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 3(1): 90

Zarella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. USA: Oreilly Media.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani, Muhammad Alfian


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen