Pengaruh kepuasan kerja, budaya organisasi, komitmen organisasi dan karakteristik pekerjaan terhadap organizational citizenship behavior

Erika Ayu Saputri, Christiawan Hendratmoko

Abstract


Riset ini dilaksanakan di PT. Dan Liris di Kelurahan Banaran, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo 57193 Jawa Tengah di divisi garment. Ilustrasi dalam riset ini merupakan 100 narasumber dengan memakai metode slovin diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan memakai tata cara angket, wawancara, serta observasi. Metode analisa informasi yang dipakai dengan mencakup percobaan keabsahan, percobaan normalitas, percobaan reliabilitas, percobaan multikolinieritas, percobaan heterokedastisitas, percobaan normalitas, percobaan t serta koefisien pemastian (R2) dengan dorongan SPSS tipe 21. Hasil riset membuktikan kalau ada akibat relevan antara kepuasan kerja pada Organizational Citizenship Behavior, ada akibat relevan antara budaya sistem pada Organizational Citizenship Behavior, tidak ada akibat relevan antara komitmen sistem pada Organizational Citizenship Behavior, ada akibat relevan antara karakteristik pekerjaan pada Organizational Citizenship Behavior terhadap PT. Dan Liris.


Keywords


Kepuasan kerja; budaya organisasi; komitmen organisasi; karakteristik pekerjaan

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Blau, dan Global. 2010. Komitmen Organisasi, Perilaku Dalam Organisasi edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Brahmasari, Ida Ayu. 2008. Pengaruh Variabel Budaya Organisasi, Komitmen Dan Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai. Jurnal Akuntansi Manajemen Bisnis dan Sektor Publik Vol. 4 No. 3

Bogar,Wilson.2011. Pengaruh Lingkungan Kerjaan Karakteristik Pekerjaan terhadap Burnout, Kepuasan kerja, Komitmen Organisasi dan Itention to Leave, Studi pada pegawai Perum Pegadaian di Sulawesi Utara.

Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine, and Michael J. Wesson. 2011 Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill,.

Garry Dessler, 2008. Manajemen Sumber Daya Manuia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Gibson, Ivancevich, Donnely, 2011. Perilaku Organisasi Struktur, Proses. Jakarta : PT. Binarupa Aksara.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan PenerbitUniversitas Diponegoro: Semarang.

Kreitner dan Kinicki. 2014. Budaya Organisasi, Perilaku Dalam Organisasi edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 62

Kreitner, Robert and Angelo Kinicki.2010, Organizational Behavior. New York :McGraw-Hill.

Luthans, Fred. 2006. Organizational Behavior. 10th Edition. Alih Bahasa Vivin Andhika, dkk. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Mahendra, Rully. 2009. Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai Bagian Umum Kantor Sekretariat Daerah

McShare, Steven L.and Mary Ann Von Glinow, 2010. Organizational Behavior . New York : McGraw-Hill.

Oemar, Y. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi, Kemampuan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pegawai pada BAPEDA Kota Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 11, No.1.

Organ, D.W. et. al (2006) Organizational Citizenship Behavior. Its Nature, Antecendents, and Consequences. California : Sage Publications, Inc.

Rini, dkk, 2013. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi pada PT. Plasa Simpanglima Semarang). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol.1 No. 1.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

www.danliris.com yang diakses pada 16 September 2021

www.slideshare.net yang diakses pada 23 September 2021




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erika Ayu Saputri, Christiawan Hendratmoko


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen