Analisis suku bunga, jangka waktu kredit, dan kemudahan kredit terhadap keputusan kredit UMKM

Detria Fauziyah Pramesti, Sugeng Hadi Utomo

Abstract


Pemerintah menjadikan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu tujuan program pemulihan ekonomi nasional melalui penyaluran kredit UMKM. Penyaluran kredit UMKM di Kota Malang mengalami kenaikan tren hingga 5,64% sampai akhir februari 2021, yang berdampak cukup besar terhadap perekonomian daerah dan nasional. Oleh sebab itu guna mendorong penyaluran kredit perbankan ini tentu harus ada sinergi baik dari lembaga keuangan dan UMKM Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat suku bunga, jangka waktu kredit, dan kemudahan kredit terhadap keputusan pengambilan kredit oleh pengusaha UMKM di Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah wirausaha UMKM di Kota Malang yang telah mengambil kredit dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis data. Didapatkan hasil bahwa secara individu terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel tingkat suku bunga dan kemudahan kredit terhadap keputusan pengambilan kredit UMKM. Sedangkan jangka waktu kredit tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengambil kredit. Hasil pengujian variabel suku bunga, jangka waktu kredit, dan kemudahan kredit secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit UMKM di Kota Malang.


Keywords


suku bunga; Jangka waktu kredit; kemudahan kredit; keputusan pengambilan kredit; UMKM

References


Adewianti, N., & Fitryani, V. (2014). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Langgam. 131.

Anindika, R. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit Oleh Masyarakat Pada Perum Pegadaian (Studi Kasus di Perum Pegadaian Cabang Klaten). Universitas Sebelas Maret: Other Thesis.

Arikunto, S. (2010). Suatu Pendekatan Praktik (edisi revi). Rineka Cipta.

Efriyenty, D., & Janrosl, S. E. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah pada Debitur Bank Perkreditan Rakyat Kota Batam. Jurnal AKRAB JUARA, 2, 46=54.

Griffin, R. W. (2002). Manajemen (Jilid 1). Erlangga.

Huda, B., Sukidin, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 87. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10425

Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (11th ed.). PT. RajaGrafindo Persada.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 da). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Suliasa, I. M., Suandana, I. N., & Kurnaiwan, I. M. G. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Kredit Di Lembaga Perkreditan Desa Desa Pakraman Tajun, Buleleng. Widya Amerta, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.37637/wa.v5i1.169

Suprapto, E. (2011). Pengaruh fasilitas kredit, suku bunga, jangka waktu dan jumlah kredit terhadap keputusan menggunakan kredit pd bpr bkk kota semarang cabang mijen. Jurnal UNPAD, 1(1), 14.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v14i2.10998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats