Pengaruh inovasi dan kualitas pelayanan terhadap realisasi pajak bphtb melalui kepatuhan wajib pajak sebagai media intervening

Puji Astutik, Ni Nyoman Putu Martini, Toni Herlambang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh Inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan terhadap realisasi pajak BPHTB melalui kepatuhan wajib pajak sebagai Variabel intervening pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuwangi. Jumlah sampel penelitian ini adalah 83 dengan menggunakan teknik penentuan sample random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan WarpPLS 5.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel Inovasi pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, Inovasi pelayanan berpengaruh signifikan terhadap realisasi pajak BPHTB, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap realisasi pajak BPHTB, kepatuhan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap realisasi pajak BPHTB. Secara tidak langsung Inovasi pelayanan serta kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap realisasi pajak BPHTB melalui kepatuhan wajib pajak


Keywords


Inovasi pelayanan; kualitas pelayanan; kepatuhan wajib pajak; realisasi pajak bphtb

References


Agustiningsih, Wulandari. 2016. Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta. Jurnal Nominal, Volume V Nomor 2, Tahun 2016

Ersania, G.A.R.,&Merkusiwati,N.K.L.Aryani.2018.Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , ISSN: 2302-855, Vol.22.3. Maret (2018): 1882-1908

Ghozali, Indra Lukman.2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kepatuhan Material Wajib Pajak dan Implikasinya Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak pada KPP di Kanwil DJP Jabar I. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia

Harimulyono, Nurrohman.2020. Pengaruh Efektivitas Administrasi Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Media Ekonomi Universitas Muhammadiyah

Ilhamsyah, Randi., Endang, Maria G Wi.,& Dewantara, Rizky Yudhi. 2019. Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK,) | Vol. 8 No. 1 2016

Izzati, Azhimatul F., & Pertiwi, Dwi Ari.2019. Pengaruh Penerapan E-Filling dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pare Kediri. JFAS : Journal of Finance and Accounting Studies, Volume 1 Nomor 1, Pebruari 2019 Halaman 18-32

Jaya, I.B. Meindra & Jati, I Ketut (2016). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan

Wajib Pajak Restoran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Vol.16.1. Juli (2016): 471-500

Jayanti, Eka Dwi 2017. Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Kastolani, Olivia J.Y.,& Ardiyanto, Moh. Didik. 2017. Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dan Pemeriksaan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan. Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017, Halaman 1-10 ISSN (Online): 2337-3806

Kusumayanthi, Lyana Oka., & Suprasto, Herkulanus Bambang.2017. Pengaruh Penerapan E-Filling, Sosialisasi Perpajakan, Kinerja Account Representative, dan Sanksi Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan WPOP.E-Jurnal Akuntansi , ISSN: 2302-8556,Vol.28.1.Juli (2019): 491-518

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Monica, Raula (2018). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Pencairan Tunggakan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu Vol.12 No.1, 2018 Hal. 64-82

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 198/PMK.03/2013 tentang Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak Bagi Wajib Pajak yang Memenuhi Persyaratan Tertentu

Putri, K. P., Devi, M. C., & Amijaya, D. T. (2020). Knowlwedge Of Taxation And Fiscus Service On Taxpayers Compliance. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(1), 8-20.

Pradnyana,I.B.P.&Prena,G.D.2019.Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, E-Billing dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Timur. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), ISSN Print: 1978-4007 and ISSN Online: 2655-9943 Volume 18, Nomor 1, Maret 2019; pp. 56 – 65

Pratiwi, I G. A. M. Agung Mas Andriani, & Setiawan, Putu Ery. 2014.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kondisi Keuangan, dan Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame di Dinas Pendapatan Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.2 (2014):223-236.ISSN: 2302-8556

Riani, Yuliana Yunensia.2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus dan Penerapan Aplikasi E-System Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, e-ISSN : 2460-0585, Volume 7, Nomor 2, Febuari 2018

Sawitri, D., Perdana, S., Muawanah, U., & Setia, K. A. (2017). The influence of tax knowledge and quality of service tax authorities to the individual taxpayer compliance through taxpayer awareness. International Journal of Economic Research, 14(13), 217-235.

Savitri, E. (2016). The effect of taxpayer awareness, tax socialization, tax penalties, compliance cost at taxpayer compliance with service quality as mediating variable. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, 682-687.

Safitri, Devi.,& Silalahi, Sem Paulus.2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2), 2020, 145-153

Silalahi, Sixvana., Musadieq, M.A., & Nurtjahjono,Gunawan Eko. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak dan Penerimaan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol. 1 No. 1 Januari 2015

Umami, Riza.2018. Pengaruh Penerapan E-Filling, Tingkat Pemahaman Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Dalam Melaporkan SPT di KP2KP Lumajang. Progress Converence, E-ISSN :2622-304X , P-ISSN : 2622-3031, Vol. 1, No. 1, Agustus 2018

Undang-Undang 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Daerah

Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.10919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Puji Astutik, Ni Nyoman Putu Martini, Toni Herlambang


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen