Pengaruh penjualan, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas

Indra Suyoto Kurniawan, Salmah Pattisahusiwa, Satria Bangun Pratama

Abstract


Profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Dalam memperoleh profitabilitas, perusahaan perlu kebijakan dan keputusan mengenai penjualan, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan guna meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh penjualan, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari penjualan, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan. Variabel terikat pada penelitian ini adalah profitabilitas dengan menggunakan Return on Asset (ROA). Sampel penelitian yang diambil adalah 16 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 hingga 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan merupakan jenis data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan program spss versi 22. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penjualan, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan perputaran kas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas.


Keywords


Penjualan; perputaran kas; perputaran piutang; perputaran persedian; profitabilitas

References


Andayani, L., Yudiaatmaja, F., & Cipta, W. (2016). Pengaruh Penjualan dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Bangun, N., Salim, S., & Wijaya, H. (2018). Pengaruh Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang Dan Modal Intelektual Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014 – 2016 (Penelitian Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di B. Jurnal Ekonomi. Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Deni, I. (2016). Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepulauan Riau.

Fahmi, I. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Alfabeta: Bandung.

Fatmawati, A. P., & Novianto, K. D. (2015). Pengaruh Penjualan dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas (Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman (BEI) Periode 2011 - 2015). Jurnal Akuntansi. Poltekpos, Bandung.

Gani, I., & Amalia, S. (2018). Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. In Badan Penerbit-Undip (8th ed.). Badan Penerbit-Undip: Semarang.

Hanafi, M., & Halim, A. (2016). Analisis Laporan Keuangan (5th ed.). UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Handayani, T., Kristianto, D., & Astuti, D. S. P. (2015). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang dan Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Survei pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2014). Jurnal Akuntansi. Universitas Slamet Riyadi, Surakarta.

Hery. (2013). Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Alfabeta: Bandung.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan (Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Horne, J. Van, & Wachowicz, J. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (13th ed.). Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Lestari, N. (2016). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang Usaha, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 - 2015. Jurnal Ekonomi.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (2nd ed.). Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Masruri, F. A. (2015). Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran PIiutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi. STIE Sebelas April, Sumedang.

Moekijat. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Mandar Maju: Bandung.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi (4th ed.). Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Munawir. (2014). Analisa Laporan Keuangan (4th ed.). Liberty: Yogyakarta.

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan (1st ed.). Penerbit Andi: Yogyakarta.

Nayla, A. (2013). Dasar Dasar Akuntansi Perkantoran (1st ed.). Laksana: Yogyakarta.

Nurafika, R. A., & Almadany, K. (2018). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Semen. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis. Politeknik LP3I, Medan.

Nurhaedin, E. (2019). Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Biro Perjalanan Wisata yang Terdaftar di BEI. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Nuriyani, & Zannati, R. (2017). Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sub-Sektor Food and Beverages Tahun 2012-2016. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis. Universitas Islam Attahiriyah, Jakarta.

Prakoso, B., Zahroh, & Nuzula, N. F. (2014). Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Pembiayaan Listing di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya, Malang.

Prihadi, T. (2011). Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Penerbit PPM: Jakarta Pusat.

Putri, R., & Musmini, L. (2013). Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Pada PT.Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja Periode 2008-2012. Jurnal Akuntansi Profesi. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Riyanto, B. (2011). Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan (4th ed.). BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.

Sartono, A. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.

Siagian, D. (2018). Pengaruh Perputaran Persediaan dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada UD Flamboyan Coconut Centre Batu Bara. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta: Bandung.

Sunyoto, D. (2013). Analisis Laporan Keuangan Untuk Bisnis (1st ed.). CAPS (Center for Academic Publishing Service): Yogyakarta.

Suryadi, Taqwa, S., & Areva, D. (2013). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Return On Asset Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Dagang Masri M. Syariah Cabang Padang Periode 2008-2012). Jurnal Ekonomi. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi (8th ed.). Ekonisia: Yogyakarta.

Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi (2nd ed.). Ekonisia: Yogyakarta.

Tiong, P. (2017). Pengaruh Perputaran Piutang Tehadap Profitabilitas Pada PT. Mitra Phinastika MustikaTbk. Journal of Management and Business. STIE AMKOP, Makassar.

Warren, C., Reeve, J., & Duchac, J. (2016). Pengantar Akuntansi - Adaptasi Indonesia Berbasis PSAK (25th ed.). Salemba Empat: Jakarta Selatan.

Widasari, E., & Apriyanti, S. (2017). Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas. Journal of Management Studies STIE La Tansa Mashiro, Banten.

Yusmalina, Sari, A., & Susanto, A. (2020). Analisis Pengaruh Penjualan Dan Piutang Tak Tertagih Terhadap Profitabilitas Di PT. Batam Marine Indobahari Karimun Periode 2016-2018. Jurnal Cafetaria Universitas Karimun, Kepulauan Riau.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.10860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indra Suyoto Kurniawan, Salmah Pattisahusiwa, Satria Bangun Pratama


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen