Pengaruh likuiditas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor industri barang dan kosumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) tahun 2015-2019

Kadek Rizka Irawati, Gendro Wiyono, Pristin Prima Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Strutur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Pada penelitian ini metode yang digunakan menggunakan jenis data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinan yang dibantu dengan menggunakan program SPSS. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Maka sampel yang diperoleh 11 perusahaan yang sudah memenuhi kreteria penelitian dan data penelitian yang dikumpulkan 55 data selama 5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Namun pada variabel Struktur Modal berpengaruh negative dan tidak signifikan. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan dengan Nilai Perusahaan.

Keywords


Likuiditas; struktur modal; ukuran perusahaan; nilai perusahaan

References


Aisyah, R. N. (2015). Pengaruh Likuiditas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Logam Dan Mineral Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013).

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74.

Kusumawati, R., & Rosady, I. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 147–160.

Novari, P. M., & Lestari, Dan P. V. (2016). Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pendahuluan Mempertahankan Kontinuitas Perusahaan Adalah Elemen Penting Yang Harus Dipertahankan Oleh Perusahaan , Terutama Men. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694.

Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris: Pt. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015). 1(1), 98–107.

Resti, A. A., Purwanto, B., & Ermawati, W. J. (2019). Investment Opportunity Set, Dividend Policy, Company’s Performance, And Firm’s Value: Some Indonesian Firms Evidence. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 23(4), 611–622.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v14i1.10798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats