Pengaruh brand trust, media sosial dan online consumer review terhadap minat beli

Fajrin Mustika Hapsari, Sudarwati Sudarwati, Fithri Setya Marwati

Abstract


Seiring perkembangan internet saat ini berdampak pada perubahan gaya hidup seseorang terutama dalam pola konsumsi dan belanja masyarakat. Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat menyebabkan munculnya pesaing sejenis yang membuat persaingan bisnis dituntut untuk berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi untuk menarik minat beli seseorang dengan tetap mempertahankan konsumen yang loyal. Marketplace Shopee saat ini sedang mengalami tren penurunan karena berbagai faktor yang menurunkan minat beli konsumen. Dalam penelitian ini, minat beli diukur dengan menggunakan variabel seperti kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online terhadap minat beli pengguna aplikasi Shopee di Surakarta secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Shopee di Surakarta yang tidak dapat diketahui jumlahnya, sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek, media sosial dan review konsumen online memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli di marketplace shopee.


Keywords


Brand trust; media sosial; review; minat beli

References


Almana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers’ Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications, 82, 23–31.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i2.759

Durianto, D. (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.

Hudha, A. N. (2018). PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI (Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Kuliner Pada Followers Akun @kulinerdisolo di Kota Surakarta Periode Maret – Juni 2018). Universitas Sebelas Maret, 151(2), 10–17.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Khafidatul, I., & Indra, K. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Marketplace Shopee di Mojekerto. Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. http://www.maker.ac.id/index.php/maker

Leeraphong, A., & Mardjo, A. (2013). Trust and Risk in Purchase Intention through Online Social Network: A Focus Group Study of Facebook in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, January, 314–318. https://doi.org/10.7763/joebm.2013.v1.68

Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.348

Rahadi, D. R., & Zanial. (2016). SOSIAL MEDIA MARKETING DALAM MEWUJUDKAN E-MARKETING. Jurnal Universitas Sriwijaya, 4, 71–78.

Raheni, C. (2018). The Effect Of Social Media On Consumer Buying IPengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 82–85. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM

Rahmi, & Syafitri. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Minat Beli Masyarakat Secara Online. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.22373/jai.v6i1.665

Widiarti, A., & Yulia, A. (2019). Pengaruh Reviews Online Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee.Co.Id Melalui Kebutuhan Kognisi (Survei Pada Sekolah Menengah Kejuruan Gama Tangerang). Jipis, 28(2), 33–43. https://doi.org/10.33592/jipis.v28i2.323

Xie, K., Chen, C.-C., & Wu, S. (2015). Online Consumer Review Factors Affecting Offline Hotel Popularity: Evidence from Tripadvisor. Journal of Travel & Tourism Marketing, 33, 1–13. https://doi.org/10.1080/10548408.2015.1050538




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fajrin Mustika Hapsari, Sudarwati Sudarwati, Fithri Setya Marwati


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen