Pengaruh brand ambassador eiger dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk

Dhani Teguh Prasetyo, Akmad Suharto, Wahyu Eko

Abstract


Saat ini di Indonesia ketat terkait dengan tingkat persaingan dunia usaha dalam bidang outdoor. Salah satu perusahaan yang memproduksi peralatan dan perlengkapan outdoor di Indonesia yaitu PT. Eigerindo Multi Produk Industri atau yang dikenal sebagai Eiger. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand Ambasador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger di Jember. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan 130 responden. Berdasarkan Uji T didapatkan nilai sebesar 2.855 yang berarti brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, berdasarkan uji F didapatkan nilai 12,564 yang berarti secara simultan berpengaruh positif dan signifikan variabel Brand Ambassador dan Kualitas Produk mempengaruhi keputusan pembelian, berdasarkan analisisn koefisien determinasi sebesar sebesar 83,5% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Brand ambassador; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Anas,Sudarwanto. 2020.Pengaruh Selebriti Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Surabaya.Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN),Vol 8,No. 3 2020.

Budi,Khuzaini.2019.Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk dan Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian Produk Eiger (Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya).Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen,Volume 8,No. 9 September 2019.

Cece Ike Sen. 2015.Pengaruh Brans origin,brand Ambassador dan Brand Image terhadap minat beli sepatu Macbeth di Sogo Galaxi Mall Surabaya.Vol 1 No. 2 juli 2015.

Fatahillah Sandi.2019.Pengaruh Brand Ambassador ,Brand Image,Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eiger eventure di Kota Makasar.

Haisyah,Sulistyowati.2020.Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia.Jurnal pendidikan Tata Niaga(JPTN),Volume 8, No 3,2020.

Herrera Clairine.2018. Pengaruh Brand Ambassador, Citra Rasa,dan Word Mouth terhadap perilaku pembelian konsumen pada Toko Kue milik Selebriti di Kota Bandung.(Studi penelitian tehadap toko kue Bandung Markuta,Toko Kue Bamdung Kanaya,dan Toko Kue BandungPrincess).

Kolter,Philip.2002.Manjemen Pemasaran.prehanlindo,Jakarta.

Heppiana Lestari,2019. Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian(SurveiOnlinePadaKonsumenInnisfreeDiIndonesia

Dan China), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 66 No. 1 Januari 2019

Nuraini Putri.2015.Pengaruh kredibilitas Brand Ambassador Ban NOAH Dalam Iklan Vaseline MEN terhadap keputusan pembelian Produk.

Prasetyio Panji Eka.2016.Brand Ambassador dan Pengaruh terhadap Keputusan Pembelian yang Demidiasi oleh Cita Merek(Studi Kasus Pada XL AXIATA di Pelajar dan Mahasiswa Yogyakarta.

Priantan,Istiyanto.2019.Strategi Brand Ambassador Artis Pasa Industri Kuliner di Purwokerto.Jurna warta ISKI,Vol. 2,No.2, 2019.

Putra Ikshan,dkk.2014. Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian (survei penggunaan line di asia).Jurnal Administrasi Bis nis(JAB),Vol.12 No. 1 juli 2014.

Safitasari,Maftukhah.2017.Pengaruh Kualitas Layanan Promosi dan Citra Destinasi Terhadap kepuasa Melalui keputusan Pengunjung.Jurnal Manajemen Analysis,Vol 6 (3) 2017.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitafi Kualitatif dan R&D.Alfabeta Bandung

Sugiyono.20143.Metode Penelitian Kuantitafi Kualitatif dan R&D.Alfabeta Bandung

Utomo Gigih wahyu.2017.Pengaruh Brand Ambassador dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex.

Wibowo,Karima.2012.Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Bembelian Sabun LUX (Survei pada Pengunjung Mega Bekasi Hepermall.Jurnal Riset Manajemen Saind Indonesia,Vol 3,No.1.2012.S

Wati Dewi Septia.2019.Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Jember.

Yusiana,Rifaatul.2015 Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen, Jurnal Eco Demica,Vol III,No. 1 April2015




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhani Teguh Prasetyo, Akmad Suharto, Wahyu Eko


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen