Pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan komiten terhadap kinerja pegawai badan penanggulangan bencana daerah

Kitria Octariana Hartono, Toni Herlambang, Wenny Murtalining Tyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan komitmen terhadap kinerja pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian semua pegawai BPBD Kabupaten Jember yang berjumlah 63 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, sampel jenuh merupakan penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, kuesioner dan observasi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinereritas, Uji Heteroskedastisitas dan analisis regresi linear berganda dengan Uji t dan Uji f. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa (H1) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi intrinsik terhadap kinerja pegawai. Dalam Pengujian hipotesis kedua (H2) untuk pengaruh motivasi extrinsik (X2) tidak terdapat pengaruh terhadap kinerja pegawai (Y). Dalam pengujian hipotesis kegtiga (H3) untuk pengaruh komitmen (X3) terdapat pengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Terdapat pengaruh positif signifikan variabel bebas (X), motivasi intrinsik (X1), motivasi ekstrinsik (X2), komitmen (X3) secara simultan terhadap variabel terikat, kinerja pegawai (Y).


Keywords


Motivasi intrinsik; motivasi ekstrinsik; komitmen; kinerja pegawai

References


Adelina dan susanto. 2019. Pengaruh Motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, konpetensi, dan komitmen terhadap kinerja karyawan PT.Aksarindo Semarang. Majalah ilmiah solusi Vol 17 No 3.

Akbar Febri Nurtaneo. 2009. Pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan pada pt perkebunan nusantara XII Surabaya. Jurnal manajemen dan kewirausahaan vol 11 No 1.

Coenraad dhea perdana. 2016. Pengaruh kemampuan, motivasi dan komitmen terhadap kinerja pegawai. Jurnal ekonomi, bisnis dan enterpreneurship Vol 10 No 1.

Ermawati Yuli dan dheasey amboningtyas. 2017. Pengaruh motivasi intrinsik, komunikasi dan kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan produksi vidio preparation pada pt hit polytron yang berimplikasi pada produktivitas. Journal of Management Vol 3 No 3.

Iriani nur ida. 2010. Motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan disiplin kerja pengaruhnya terhdap kinerja pegawai pada kantor dinas pendidikan kabupaten Sambas. Jurnal apliksi manajemen Vol 8 No 2.

Kusumaputri,Erika Setyani.2015.Komitmen pada perubahan organisasi dalam prespekif islam dan psikologi.Yogyakarta : Deepublish

Linawati.2014.Pengaruh motivasi kerja intrinsik dan motivasi kerja ektrinsik terhadap kinerja sumber daya manusia.jurnal kinerja. Vol 18 No 1 hal 81-91.

Maulana Fakhrian harzah, Djamhur Hamid, dan Yuniadi Mayoan. 2015. Pengaruh Motivasi Intrinsik , Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen Terhadap Kinerja karyawan pada Bank BTN kantor cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 22 No 1.

Nur laily qomariyah. 2018. Pengaruh komitmen dan kepuasan kerja pegawai terhadap kinerja pelayanan dalam menyediakan akses publik terhadap informasi. Universitas airlangga




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kitria Octariana Hartono, Toni Herlambang, Wenny Murtalining Tyas


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen