Pengaruh kelayakan harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening

Hartati Dwi Nawastuty, Ida Bagus Nyoman Udayana, Agus Dwi Cahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kelayakan Harga terhadap Kepuasan Konsumen; (2) pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; (3) pengaruh Kelayakan Harga terhadap Loyalitas Konsumen; (4) pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen; (5) pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah 160 konsumen/pelanggan JNE yang berdomisili di Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Dalam penelitian ini memanfaatkan SPSS 25 untuk melakukan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Uji Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Harga terhadap Kepuasan Konsumen; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelayakan Harga terhadap Loyalitas Konsumen; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen.


Keywords


Kelayakan harga; kualitas pelayanan; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen

References


Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:

Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. 01(01), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2 PENGARUH

Chaniago, H. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store Analysis of Service Quality , Products Quality , and The Price on Nano Store Consumers ’ Loy ... Available at https://ijabo.a3i.or.id Analisis Kualitas Pelayanan . February.

Darmawan, D., Arifin, S., & Purwanto, F. (2020). Studi Tentang Presepsi Nilai, Kepuasan dan Retensi Pelanggan Kapal Penyebrangan Ujung-Kamal. Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar Muat Lift on/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Peti Kema, 3(1), 156–169.

Fanani, Z., Puspitasari, N. B., Susanty, A., Andini, A. R., & Rumita, R. (2020). Analisis Logistic Service Quality untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman JNE Express. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 73–81.

Made, M. G. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Suara Medeka. 283.

Mardikaningsih, R. (2021). Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merk, dan Kualitas Pelayanan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2016, 64–73.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125.

Meesala, A., & Paul, J. (2018). Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. Journal of Retailing and Consumer Services, 40(October 2015), 261–269. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.10.011

Slack, N., Singh, G., & Sharma, S. (2020). The effect of supermarket service quality dimensions and customer satisfaction on customer loyalty and disloyalty dimensions. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 297–318. https://doi.org/10.1108/IJQSS-10-2019-0114

Sofyan, M., Junaidi, A., & Rahmawati, N. F. (2021). Analisis Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi PT. Kadiri Logistik Cargo. 4789(April).

Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 11–25.

Tran, V. D., & Le, N. M. T. (2020). Impact of service quality and perceived value on customer satisfaction and behavioral intentions: Evidence from convenience stores in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 517–526. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.517

Pustaka berbentuk buku:

Kotler, Philip and Amstrong, G. 2016, . Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Laksana, Fajar. 2019. Manajemen Pemasaran. Depok : Khalifah Mediatama.

Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. F. 2016. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

Pustaka dari Media Online

Kontan.co.id. (2020, 0ktober 20). Survei: Di masa pandemi, 85,2% masyarakat gunakan jasa kurir untuk pengiriman barang. Diakses pada 17 Juli 2021, dari : https://industri.kontan.co.id/news/survei-di-masa-pandemi-852-masyarakat-gunakan-jasa-kurir-untuk-pengiriman-barang

Rri.co.id. (2021, Juli 09). Imbas PPKM Darurat, Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Meningkat. Diakses pada 17 Juli 2021, dari : https://rri.co.id/surakarta/ekonomi/1108748/imbas-ppkm-darurat-penggunan-jasa-pengiriman-paket-meningkat




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hartati Dwi Nawastuty, Ida Bagus Nyoman Udayana, Agus Dwi Cahya


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen