Pengaruh tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi terhadap organizational citizenship
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10336Keywords:
Tingkat pendidikan, kompetensi, komunikasi, organizational citizenshipAbstract
Hotel merupakan sarana penunjang dalam memberikan pelayanan jasa penginapan bagi pengunjung yang melakukan perjalanan atau berlibur. Pengelolaan sebuah hotel tidak terlepas dari sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan hal yang penting bagi kelancaran suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah. Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Yellow Star Hotel Gejayan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di atas 1 tahun yaitu sejumlah 122 karyawan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan. Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan dengan nilai koefisien sebesar 0,334. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan kompetensi terhadap organizational citizenship. Jadi semakin tinggi tingkat kompetensi seseorang maka organizational citizenship akan mengalami peningkatan.. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan. Tingkat pendidikan, kompetensi dan komunikasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap organiztional citizenship pada Hotel Yellow Star Gejayan dengan nilai FHitung sebesar 113,810.
References
Ardana, Komang. 2009. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Agama Islam; Tradisi dan Modernisasi menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
Cohen, A dan Caspary L. 2011, Individual values, Organizational Commitment, and Participation in change : Israele teacher’s Approach to An optional educational Reform, Journal bussines Psychology, 26, 385-396
Djati, S Pantja, & Rini, Wahyu A. 2011. Penerapan Organizational Citizenship Behavior dalam Manajemen Sumber Daya Manusia pada Perguruan Tinggi. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(2) 259-272.
Karriker, J. H., & Williams, M.L., 2009. Organizational Justice and Organizational Citizenship Behavior: A Mediated Multifoci Model. Journal of Management, 35: 112-135
Magdalena, S. M. 2014. The Effects of organizational Citizenship Behavior in the Academic Environment, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 127, pp. 738–742.
Merry Ristiana M : 2013, Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Bhayangkara Trijata Denpasar. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen Vol. 9
Pavalache-ilie, M. 2014. Organizational citizenship behaviour , work satisfaction and employees ’ personality. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127(1983), 489–493.
Putra, Bagus Asta Iswara dan A.A. Sagung Kartika Dewi. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8. 4892- 4920
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi ke-12,. Jakarta: Salemba Empat.
Sarmawa, IWG., Suryani, NK dan Riana, IG. 2015. Organizational Citizenship Behaviour Predictor and Its Effects on The Performance. International Journal of Economics, Commerce and ManagementUnited Kingdom, 3(1): 1-13.
Yuniar, dkk. 2011. Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Resiliensi dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan Kantor Pusat PT. BPD Bali. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 9 No. 1, Hal: 11-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518 is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License