Pengaruh instagram ads dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui brand awareness sebagai variabel intervening

Ratna Lisnaini, Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh instagram ads dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui brand awareness sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pengguna Shopee yang ada di Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji-t, uji-f, uji koefisien determinasi serta uji sobel yaitu dibantu dengan SPSS versi 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instagram ads berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan t hitung sebesar 4,446 > 1,985 serta instagram ads tidak berpengaruh terhadap brand awareness dengan nilai t hitung sebesar 1,710 < 1,985. Celebrity endorser tidak  berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai t hitung sebesar 0,463 < 1,985 dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dengan nilai t hitung sebesar 3,516 > 1,985. Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesaar 8,114 > 1,985.


Keywords


Instagram ads; celebrity endorser; minat beli; brand awareness

References


Aaker, A. (1991). Managing Brand Equity, Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: Free Press.

Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat 1(4), 451–466. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1 (4), 451–466.

Agustina, R., Rezki, P. R., & Suprianto. (2018). PENGARUH IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA TERHADAP CITRA MEREK (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK LP3I MEDAN). https://doi.org/10.31227/osf.io/2krpt

Alfaruq, A. N. (2020). Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M., & Kazi, A. (2019). Impact of Brand Awareness and social media content marketing on consumer purchase decison 2(2), 5-10. Journal of Public Value and Administration Insights (JPVAI), 2 (2), 5–10.

Ashari, N. (2012). Pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di grup blackberry messanger terhadap minat beli. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–6.

Astuti, D., & Renwarin, J. M. J. (2019). MEMAKSIMALISASI MINAT BELI KAUM MILENI AL JAKARTA DI ERA BOOMING SOSIAL MEDIA. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(1), 42–62.

Dharma, K. N. A., & Iskandar, D. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Jkt48 Terhadap Minat Beli Konsumen Im3 Play (studi Kasus Pada Pengunjung Teater Jkt48 Periode 21 Februari 2016). Bandung: Telkom University.

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram pro- files in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7.

Gunawan, F. A. (2014). Analisi Pengaruh Iklan Tele- visi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–14.

Hariningsih, E., & Munarsih, E. (2014). Analisis Perilaku Penghindaran Iklan Internet Oleh konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 18.

Hennayake, Y. (2017). Effectiveness of Celebrity Endorsement: A Review on Related Concepts and Empirical Applications. International Journal of Scientific & Engineering Research, 8(7), 2296–2301. http://www.ijser.org

Herlinda, W. D. (2018). Inilah 10 Iklan Indonesia Terpopuler di YouTube. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20180511/12/794090/inilah-10-iklan-indonesia-terpopuler-di-youtube

Kotler, P. d. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas (Erlangga (Ed.); 13th ed.).

Maharani, N. I. (2020). Pengaruh online video advertising terhadap purchase intention dan brand awareness sebagai variabel intervening (N. Maharani (Ed.)).

Nursyecha, N., Sapari, Y., Risnawati, R., Studi, P., Komunikasi, I., & Cirebon, U. M. (2021). Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Signal, 9(1), 1–13. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal 1

Octaviasari, S., & Widiyantoro, I. (2011). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Efek Komunitas Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Ter- hadap Merek Kartu Seluler Prabayar Mentari di Semarang. Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro.

Percy, L., & Rossiter, J. (1997). Advertising and Promotion Management.

Raharjo, S. T., & Samuel, H. (2010). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi pada Lazada. 1–6.

Rifon, N. J., & Choi, S. M. (2015). The impact of congruence between celebrity image and consumer ideal self on endorsement psychology and marketing.

Rizal, V. Z. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 75. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291

Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Selebriti Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kesadaran Merek Hotel Di Instagram. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.36-44

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior (5th ed.).

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47

Septiawan, D. B., Harini, C., & Hasiholan, L. B. (2020). THE EFFECT OF INSTAGRAM AND CELEBRITY ENDORSER ADVERTISING ON PURCHASE. Journal of Management, 6.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621

Shahid, Zarlish, Hussain, T., & Zafar, F. (2017). Shahid, Zarlish, Tehmeena Hussain, and Fareeha ZafarThe Impact of Brand awareness on the Consumers’ Purchase Intention.†Journal of Accounting & Marketing. Journal of Accounting & Marketing, 6(1), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.4172/2168-9601.1000223. 2 .

Sharon, F., Meilinda, L., … S. W.-J. H. dan, & 2018, undefined. (2016). Karakteristik Celebrity Endorser Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Dan Café Di …. Publication.Petra.Ac.Id, 390–404. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/7504

Soper, D. S. (2021). Sobel Test Calculator for the Significance of Mediation [Software]. https://www.danielsoper.com/statcalc

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Supeni Budi Priatni, Teza Hutriana, E. N. H. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 5.

Yunie Roslinawati. (2020). PENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI SURVEY PADA MAHASISWA UMM ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2015).




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratna Lisnaini, Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen