Sikap resistensi konsumen dalam keputusan pembelian melalui brand culture dan product quality

Erwin Erwin, A. Aiyul Ikhram, Taufik Hidayat B Tahawa, Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Sebuah produk dengan merek yang telah terbentuk dibenak konsumen sebelumnya akan sangat sulit untuk keluar dari jaring tersebut, disatu sisi hal tersebut baik, tetapi dibeberapa sisi hal tersebut adalah sebuah masalah. Hal tersebut terjadi pada Oppo Elektronics Corps yang saat ini dikenal sebagai perusahaan produksi smartphone dengan ikon selfi, banyak konsumen tidak mengetahui bahwa Oppo Elektronics memproduksi berbagai elektronik dengan tehnologi canggih. Hal ini mendasari keputusan untuk di lakukannya sebuah penelitian, untuk mengetahui sikap resistensi konsumen jika Oppo Elektronics Corps membuat produk diluar smartphone. Untuk mengetahui pengaruh dari variabel dilakukan pengujian Structural Equation Modeling (SEM), Measurement Model dan Structural Model. diterapkan untuk melakukan analisis empiris.  Temuan menyiratkan bahwa konsumen masih melirik pada kualitas produk yang dihasilkan dari sebuah produk dibandingkan produk yang mengutamakan brand culture, apalagi produk tersebut masuk pada produk pendamping dari produk utama yang dihasilkan perusahaan tersebut, sehingga sangat diperlukan product quality untuk membentuk brand culture secara langsung.


Keywords


Brand culture; product quality; resistensi konsumen; keputusan konsumen

References


Anderson, J. C., & Gerbing, D. W. (1988). Structural equation modeling in practice: A review and recommended two-step approach. Psychological Bulletin, 103(3), 411–423.

Andriansyah, & Fatima, F. (2014). Pengetahuan Konsumen, Persepsi dan Motivasi dalam Resistensi Sikap Membeli Mobil Ramah Lingkungan.

Elliott, R., & Wattanasuwan, K. (1998). Brands as symbolic resources for the construction of identity ’ , International Journal of Advertising. 17, 131–144.

Hair, J. F. (Ed.). (2014). Multivariate data analysis (7. ed., Pearson new internat. ed). Pearson.

Haque, A., Rahman, S., & Haque, M. (2011). Religiosity, Ethnocentrism and Corporate Image Towards the Perception of Young Muslim Consumers: Structural Equation Modeling Approach. 23(1), 11.

Kartajaya, H. (2017). Citizen 4.0. Gramedia Pustaka Utama.

Kenyon, G. N., & Sen, K. C. (2015). The Perception of Quality. Springer London Heidelberg.

Kline, R. B. (2011). Principles and practice of structural equation modeling (3rd ed). Guilford Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Erlangga.

Lee, Lee, & Liang. (2019). An Empirical Analysis of Brand as Symbol, Perceived Transaction Value, Perceived Acquisition Value and Customer Loyalty Using Structural Equation Modeling. Sustainability, 11(7), 2116. https://doi.org/10.3390/su11072116

Moon, B.-J., Lee, L. W., & Oh, C. H. (2015). The impact of CSR on consumer-corporate connection and brand loyalty: A cross cultural investigation. International Marketing Review, 32(5), 518–539. https://doi.org/10.1108/IMR-03-2014-0089

Parsons, E., & Maclaran, P. (2009). Contemporary issues in marketing and consumer behaviour (1. ed). Elsevier/Butterworth-Heinemann.

Price, L. R. (2017). Psychometric Methods Theory into Practice. The Guilford Press.

Rangga, A. (2020). Oppo. Dalam Oppo. Wikipedia. id.m.wikipedia.org

Shabbir, M. Q., Khan, A. A., & Khan, S. R. (2017). BRAND LOYALTY BRAND IMAGE AND BRAND EQUITY: THE MEDIATING ROLE OF BRAND AWARENESS. 19(2), 9.

Suyanti, N. (2019). The Role Of Brand Image In The Relationship Of Product Quality And Price Perceived On Purchasing Decisions For Oppo Smartphone Consumers. 5.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erwin Erwin, A. Aiyul Ikhram, Taufik Hidayat B Tahawa, Nurhidayah Nurhidayah


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen