Pengaruh return on equity (roe), price to book value (pbv), dan debt to equity ratio (der) terhadap price earning ratio (per) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2015-2019

Nadhya Melliana, Gendro Wiyono, Pristin Prima Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE), Price to Book Value (PBV), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2015-2019. Pada penelitian ini metode yang digunakan menggunakan jenis data kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinan yang dibantu dengan program SPSS. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Maka, sampel yang diperoleh 11 perusahaan yang sudah memenuhi kriteria penelitian dan data penelitian yang dikumpulkan 55 data selama 5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Return on Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Namun pada variabel Price to Book Value (PBV) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Sedangkan, variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER).


Keywords


Return on equity; price to book value; debt to equity ratio; price earning ratio

References


Famiah, R., & Handayani, S. R. (2018). Pengaruh Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER), Dan Total Asset Turnover (TATO) Terhadap Price Earning Ratio (PER) (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)

Firdaus, I., & Ika, I. (2019). “Pengaruh Curent Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Return On Assets Terhadap Price Earning Ratio (Studi Kasus pada Sub Sektor Konstruksi dan Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2017).†Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis

Handayani, H. (2018). PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY DAN PRICE BOOK VALUE TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011 – 2017. thesis Accounting Departement, Faculty of Economics, Majapahit Islamic University (UNIM).

Hermuningsih, S. (2019). Pengantar Pasar Modal Indonesia. In UPP STIM YKPN (Vol. 2).

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (7th ed., Vol. 7). PT Rajagrafindo Persada.

Lani, & Sufiyati. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi.

Lebelaha, D. L. A., & Saerang, I. S. (2016). Pengaruh Price Earnings Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Dividend Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Mulyani, L., & Pitaloka, E. (2017). Pengaruh Return on Equity, Earning per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada PT Indofood Sukses Makmur. Tbk Periode 2012-2014. Widyakala Journal.

Rofiah, I. N. (2018). Analisis Pengaruh Current Ratio , Return on Equity Dan Price To Book Value Terhadap Price Earning Ratio Pada Bank Syariah Yang Terdaftar Di Bei Dengan Variabel Moderating Earning Per Share. Iain Salatiga.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadhya Melliana, Gendro Wiyono, Pristin Prima Sari


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen