Pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan

Muhammad Amin Kadafi, Sisilia Novita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas  pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas  pelanggan pada Lotte Grosir Samarinda. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 120 responden yang merupakan pelanggan Lotte Grosir Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan experiential marketing  berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.


Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Lotte Grosir Samarinda. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengambilan samp

References


Bisnari, A. (2015). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 49–57.

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Dumat, F. E., Mandey, S. L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Kopi (Studi Kasus Pada Van Ommen Coffe Manado). 6(4), 3493–3502.

J. Hair,W.Black, B. B. et al. (2014). Neuromarketing in India: Understanding the Indian consumer. In Neuromarketing in India: Understanding the Indian Consumer. https://doi.org/10.4324/9781351269360

Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(1), 28. https://doi.org/10.36262/widyakala.v7i1.277

Larasati, O. (2018). Jurnal Analisis Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kiki Catering. Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Lopumeten, R. N., & Tomasoa, S. K. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Lopumeten, R. N., & Tomasoa, S. K. (2018). 6.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Sangadji, M., & S. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Himpunan Jurnal Penelitian (Nikoemus WK (ed.)). Andi.

Sembiring, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

Shirra Smilansky. (2018). Experiential Marketing A Practical guide to interactive brand experiences (2nd ed.). Kogan Page.

Sugiyono. (2016a). Statistik Untik Penelitian (M. P. Endang Mulyatiningsih (ed.)). CV ALFABETA.

Sugiyono. (2016b). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.

Widowati, R., & Putra, W. P. (2018). The Effect of Experiential Marketing To Customer Loyalty Through Customer Satisfaction As Intervening Variable in Waroeng Special Sambal Yogyakarta. Incbaa, 167–182.

Wulandari, A. N., Fauzi, A., & Nuralam, I. P. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty (Survei Pada Nasabah Yang Memiliki Tabungan Bank Negara Indonesia (Bni) Kantor Cabang Utama (Kcu) Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 68, No(1), 1–8.

Yanti Febrini, I., Widowati PA, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167

Yuliawan, E., & Ginting, M. (2016). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Cabang. 6(April), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Amin Kadafi, Sisilia Novita


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen