Implementasi linear programming metode simpleks pada home industry khasanah sari karawang

Lina Nurmayanti, Ajat Sudrajat

Abstract


Dalam linear programming dikenal salah satu metode penyelesaian masalah linear yaitu metode simpleks. Metode simpleks merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam memecahkan permasalahan linear programming dalam menentukan solusi optimal yang memiliki dua atau lebih variabel keputusan dimana dalam menentukan kombinasi optimal dilakukan melalui iterasi secara berulang terhadap tabel simpleks sampai ditemukan nilai yang optimum dalam masalah optimasi yang diteliti. Dalam dunia bisnis masalah optimasi meliputi memaksimumkan keuntungan (maksimasi) atau meminimumkan biaya (minimasi) dimana keduanya dapat diselesaikan menggunakan metode simpleks. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi linear programming menggunakan metode simpleks sehingga diperoleh keuntungan maksimum pada home industry Khasanah Sari Karawang. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan metode simpleks dengan perhitungan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya jumlah produksi optimum dari masing-masing produk pada home industry Khasanah Sari Karawang sehingga diperoleh keuntungan maksimum.

Keywords


Linear programming; metode simpleks; optimasi; maksimalisasi keuntungan

References


Asmara, T., Rahmawati, M., Aprilla, M., Harahap, E., & Darmawan, D. (2018). Strategi Pembelajaran Pemrograman Linier Menggunakan Metode Grafik Dan Simpleks. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 506–514.https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/185/200

Hidayat, Anwar. (2012). Populasi dan Sampel : Pengertian Populasi Adalah ?. Available Online at https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-populasi-dan-sampel.hrml?amp, accessed 18 January 2021.

Hidayat, Anwar. (2017). Teknik Sampling Dalam Penelitian (Penjelasan Lengkap). Available Online at https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampliang-dalam penelitian.html?amp, accessed 18 January 2021.

Islam, U., & Alauddin, N. (2018). Oleh : ANSAR. Implementasi Metode Cutting Plane Dalam Optimasi Jumlah Produksi (Studi Kasus : Pabrik Mie Cap Jempol Makassar). Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin.

Meflinda, A., & Mahyarni. (2011). Riset Operasi.pdf. Riau : UR PRES Pekanbaru.

Mega, Mentari Anggun. (2018). Optimasi Keuntungan Menggunakan Linear Programming Metode Simpleks Berbantu Software Lindo pada Home Industry Bintang Bakery Di Sukarame Bandar Lampung. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Saryoko, A. (2016). Metode Simpleks Dalam Optimalisasi Hasil Produksi. Informatics for Educations and Professional. 1(1), 27–36.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Supriyanto, RM., Ninia, LT., Dwi, CS., Mikael, LB., Kosruyah, Miftakul. (2020). Menghitung Keuntungan Maksimal Dari Penjualan Roti Abon Gulung Dengan Menggunakan Metode Simpleks dan Software POM-QM. Jurnal Jendela Ilmu, Vol.1, No. 1, Juni 2020, hlm. 6-12.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lina Nurmayanti, Ajat Sudrajat


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen