Formulasi strategi bisnis

Johanes Tolan Pari, Ningky Sasanti Munir

Abstract


PT Smartfren Telecom (Smartfren) merupakan salah satu pemain dalam Industri Telekomunikasi Seluler. Tingkat persaingan pada industri ini cukup ketat, ditandai dengan tingkat penetrasi pelanggan yang telah melebihi jumlah populasi penduduk Indonesia sementara Smartfren merupakan pemain dengan pangsa pasar terkecil (6.8%). Hal ini berdampak kepada kinerja keuangan Smartfren yang masih mengalami tingkat kerugian yang cukup signifikan. Walaupun kinerja yang berhasil dibukukan pada Tahun 2018 dan 2019 menunjukkan trend pertumbuhan pendapatan usaha yang baik, namun hal ini masih belum mampu untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan, bahkan pada semester I Tahun 2020, Smartfren masih mengalami kenaikan tingkat kerugian sebesar 14%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi bisnis yang tepat bagi Smartfren sehingga dapat mengoptimalkan keuntungannya. Penelitian terapan ini dilakukan secara kualitatif, dimana isu stratejik eksternal dikompilasi dalam matriks External Factor Evaluation (EFE) dengan nilai tertimbang 2,87 dan isu stratejik internal dalam matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dengan nilai tertimbang 2,85, yang berarti strategi bisnis ke depan adalah tahan dan pelihara (hold and maintain). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis menggunakan Matriks Internal-Eksternal (IE) dan matriks TOWS untuk mengembangkan alternatif-alternatif strategi yang kemudian dipertajam menjadi prioritas-prioritas strategi dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dua prioritas strategi yaitu melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk yang didukung oleh prioritas alokasi dan efisiensi biaya serta promosi yang atraktif.


Keywords


Strategi bisnis; industri telekomunikasi seluler; tahan dan pelihara; penetrasi pasar; pengembangan produk

References


Abosh, O., Nunes, P., Downes, L. (2019). Pivot to the Future. Public Affairs. Hachette Book Group, New York

Akbar, C. (2020), Penggunaan Internet Melejit, Kominfo: Telekomunikasi Seperti Oksigen Saat Pandemi, diakses pada website tempo.co.id pada 12 Desember 2020, pada: https://bisnis.tempo.co/read/1362189/penggunaan-internet-melejit-kominfo-telekomunikasi-seperti-oksigen-saat-pandemi

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia 2020, Badan Pusat Statistik. Diakses tanggal 3 Oktober 2020, dari bps.go.id website: https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html

Ceicdata (2019). Indonesia Jumlah Pelanggan Seluler. Diakses pada tanggal 2 Januari 2020 pada: https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/number-of-subscriber-mobile

David, F., dan David, F. (2016). Strategic Management: A Competitive Approach, Concepts, and Cases 16th edition. New Jersey: Pearson

De Kluyver, Cornelis A., & Pearce II, John A. (2015). Strategic Management: An Executive Perspective, Business Expert Press, LLC

Fauzan, R (2020). Ketat Begini Persaingan Operator Tahun Lalu. Diakses Pada tanggal 10 Januari 2021 melalui website bisnis.com, pada: https://teknologi.bisnis.com/read/20200301/101/1207620/ketat-begini-persaingan-operator-seluler-tahun-lalu

Jatmiko, D. L. (2020). Pandemi Covid-19 Dorong Kenaikan Trafik Data hingga 25 Persen. Diakses melalui website bisnisindonesia.com pada 13 Desember 2020, pada: https://teknologi.bisnis.com/read/20200813/101/1278818/pandemi-covid-19-dorong-kenaikan-trafik-data-hingga-25-persen

Kenny, G. (2014). Your Company’s Purpose Is Not Its Vision, Mission, or Values. Harvard Business Review. Diakses tanggal 4 Oktober 2020 pada: https://www.winning.academy/wp-content/uploads/2016/01/Your-Company%E2%80%99s-Purpose-Is-Not-Its-Vision-Mission-or-Values.pdf

Kusuma, H. (2020). 38 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 464 T Dikebut di 2020. Diakses melalui website detik.com pada 13 Desember 2020 pada: https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5283650/38-proyek-strategis-nasional-senilai-rp-464-t-dikebut-di-2021

Mursid, F. (2020). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 175,5 Juta. Diakses tanggal 18 Oktober 2020 pada website republika.co.id https://republika.co.id/berita/qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw

Natalia, M. (2020). Transaksi E-Commerce Meroket hingga 400% Selama Pandemi. Diakses melalui website okezone.com pada 13 Desember 2020 pada: https://economy.okezone.com/read/2020/10/08/320/2290705/transaksi-e-commerce-meroket-hingga-400-selama-pandemi

Pearce II, J. A., & Robinson, R. B. (2011). Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control, Twelfth Edition. New York: Mcgraw - Hill.

Porter, M. (1994). Keunggulan Bersaing. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Putra, D.A. (2020), BI Prediksi Ekonomi 2021 Tumbuh di 4,8 Sampai 5,8 Persen. Diakses melalui website merdeka.com pada 12 Desember 2020, https://www.merdeka.com/uang/bi-prediksi-ekonomi-2021-tumbuh-di-48-sampai-58-persen.html

Pratama, M.A. (2020), Pengguna Internet Indonesia hingga Kuartal II 2020 Capai 196,7 Juta Orang, diakses pada website kompas.com, pada 12 Desember 2020,

https://money.kompas.com/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang

Puspasari, R. (2020) APBN 2021: Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi. Diakses melalui website kemenkeu.go.id pada tanggal 13 Desember 2020, pada: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers/siaran-pers-apbn-2021-percepatan-pemulihan-ekonomi-dan-penguatan-reformasi/

Rosana, C. F. (2021). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 -2,07 Persen. Diakses pada tanggal 11 April 2021 melalui website tempo.co, pada: https://bisnis.tempo.co/read/1429918/bps-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-2020-207-persen

Sicca S.P. (2020) Pilpres AS: Dampak terhadap Ekonomi Indonesia dan Konflik Laut China Selatan. DIakses pada website kompas.com pada 12 Sesember 2020, pada:

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/04/173538370/pilpres-as-dampak-terhadap-ekonomi-indonesia-dan-konflik-laut-china?page=all.

Timmoria F.(2020). BPS: Sektor Informasi dan Komunikasi Tetap Perkasa, Ini Alasannya. Diakses tanggal 4 Oktober 2020 dari Bisnis.com Website: https://teknologi.bisnis.com/read/20200805/101/1275329/bps-sektor-informasi-dan-komunikasi-tetap-perkasa-ini-alasannya

Ward, J., & Peppard, J. (2002). Strategic Planning for Information System Third Edition, Cranfield School of Management, Cranfield, Bedfordshire, UK

Wheelen, T., Hunger, J.D., Hoffman, AN., and Bamford, CE. (2018). Strategic Management and Business Policy, 15th ed. Harlow, England, Pearson Education Limited




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Johanes Tolan Pari, Ningky Sasanti Munir


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen