Pengaruh return on asset, debt to equity, earning per share, economic value added terhadap return saham

Authors

  • Adita Nafisa Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Muhamad Robied Mustofa Universitas Islam Raden Rahmat, Malang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.10034

Keywords:

Return on asset, debt to equity, earning per share, economic value added, return saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk a) menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI), b) menganalisis pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018, c) menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018, dan d) menganalisis pengaruh Economic Value Added (EVA) terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 perusahaan advertising, printing dan media pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dengan uji t. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Return On Assets (ROE) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, b) Debt To Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, c) Earning Per Share (EPS) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham pada perusahaan advertising printing dan media  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018, dan d) Economic Value Added (EVA) secara parsial memiliki pengaruh siginifikan secara negatif jadi apabila nilai EVA tinggi  maka return sahamnya rendah.


Author Biography

Adita Nafisa, Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Adita Nafisa, S.E., M.M

Ketua Program Studi S1 Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Islam Raden Rahmat Malang

 

Educational History:

(S1 Manajemen) Universitas Negeri Malang

(S2 Manajemen) Universitas Brawijaya

References

Abraham, F., Cortina, J. J., & Schmukler, S. L. (2021). The rise of domestic capital markets for corporate financing: Lessons from East Asia. Journal of Banking & Finance, 122, 105987. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2020.105987

Han, J., He, J., Pan, Z., & Shi, J. (2018). Twenty Years of Accounting and Finance Research on the Chinese Capital Market: CHINESE CAPITAL MARKET RESEARCH. Abacus, 54(4), 576–599. https://doi.org/10.1111/abac.12143

Oluwatosin, Taiwo, A., & S.A, Y. (2013). Empirical Analysis of the Impact of Capital Market Efficiency on Economic Growth and Development in Nigeria. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 2(6), Pages 44-53. https://doi.org/10.6007/IJAREMS/v2-i6/440

Brigham dan Houston.2010. Dasar-dasar` Manajemen Keuangan. Edisi Kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji dan Fakhrudin. 2011. Pasar Modal di Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta:Salemba Empat.

Fahmi, Irham dan Yovi L Hadi. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.

________________________. 2012. Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

Fedro, C Monoaling dan Lauw,T.C. 2018. Pengaruh Free Cash Flow Dan Economic Value Added Terhadap Return Saham (Studi pada Saham Perusahaan yang Tercatat Aktif dalam LQ 45 di BEI Periode 2015-2017). Jurnal Akuntansi Maranatha. Volume 10 Nomor 2.

Herman dan Mariaty. 2018. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Advertising Printing Media Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JOM FISIP. Vol. 5: Edisi I Januari – Juni 2018.

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20170422073622-185-209408/industri-printing-memasuki-era-digital-40. dikunjungi pada tanggal 01 januari 2020,16.12 WIB.

https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/profil-perusahaan-tercatat/. Dikunjungi pada tanggal 09 Desember 2019, 09.21 WIB.

https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jkmb/article/view/6187 pada tanggal 27 September 2020, 19.15 WIB.

Ida, Ayu I. M. dan Gede, Suarjaya. 2018. Pengaruh Roa, Firm Size, Eps, Dan Per Terhadap Return Saham Pada Sektor Manufaktur Di Bei. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 8, 2018.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nugroho, G.A. dan Sarsiti. 2015. Analisis Pengaruh Eva dan Mva Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Journal Of Manajemen. Vol. 13(No. 2).

Sugiyono. 2013 Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Published

2021-11-28

Issue

Section

Articles