Pengaruh destination image terhadap revisit intention di objek wisata lamin adat

Oktavianus Ranggasiwi Nugroho, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra destinasi yang berfokus pada variabel cognitive image dan variabel affective image terhadap revisit intention Di Objek Wisata Lamin Adat Pemung Tawai Kelurahan Budaya Pampang Samarinda. Dalam penelitian ini menggunakan 100 sampel wisatawan Wisata Lamin Adat Pemung Tawai Kelurahan Budaya Pampang Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel cognitive image dan variabel affective image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention dengan nilai signifikan cognitive image (X1) adalah 0,000 < 0,05. Affective image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention dengan nilai signifikan Affective image (X2) adalah 0,000 < 0,05.


Keywords


cognitive image; affective image; atau revisit intention

References


Coban, S. 2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29 (2) : 222-232.

Cheng, T. M., & Lu, C. C. 2013. Destination Image, Novelty, Hedonics, Perceived Value, And Revisiting Behavioral Intention For Island Tourism. Asia Pacific Journal Of Tourism Research, 18(7), 766–783.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penulisan untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. AGF Books. Semarang

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanif, A. 2016. “Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu,” vol. 38, no. 1, pp. 44–52, 2016.

Hasan, Iqbal. 2010. Analisis Data Penelitian : dengan Statistik. Cetakan ketiga. Bumi Aksara. Jakarta

Hendarto, KA. 2010. “Model Destination Image dan Tourist Satisfaction: Studi Terhadap Wisatawan Asing Di Yogyakarta Pasca Gempa 27 Mei 2006”, Universitas Hasanudin, 2010.

Jorgensen, LG. 2004. “An analysis of a destination’s image and the language of tourism”. Cand.Ling.Merc. (ii) Thesis Department of English.

Kurniawan, CJ. 2014. “Studi Deskriptif Destination Image Kota Malang Menurut Perspektif Wisatawan Surabaya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No.2.

Kotler, P, Keller, KL. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Qu, H, Mahasuweerachai, P. 2011. “A Model of Destination Branding: Integrating the Concepts of the Branding and Destination Image”. Journal of Tourism Management. 32: 465-476.

Rangkuti, F. 2015. Riset Pemasaran. Cetakan Kedua belas. Gramedia. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2012. Prosedur Uji Hipotesis untuk Riset Ekonomi. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung

Wibowo, SF, Sazali, A, dan Prabu, AKR. 2016. “The Influence Of Destination Image And Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention Of Setu Babakan Betawi Cultural Village”. Jurnal riset manajemen sains (JRMSI), Vol 7, No. 1, 2016.

Zeithaml, Bitner. 2009. Service Marketing, Fifth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies Inc.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.9999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com