Pengaruh kualitas sistem informasi akademik online terhadap kepuasan mahasiswa dengan menggunakan metode servqual difakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman

Desi Amelia, Justina Ade Judiarni

Abstract


Penulis melakukan penelitian dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas system informasi akademik online yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2015, 2016, dan 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh secara langsung maupun melalui kuesioner. Dalam penelitian ini metode pengukuran yang digunakan adalah metode servqual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas system informasi akademik online di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pengguna sistem. Hal ini disebabkan oleh sarana dan prasarana maupun teknologi informasi yang memungkinkan data-data akademik dapat diolah dengan mudah dan cepat. kemudahan dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola telah memberi kepuasan untuk para pengguna sistem informasi akademik online.


Keywords


Kualitas; kepuasan; servqual; sistem informasi; kualitatif; kuantitatif

References


Andi, 2012. pengertian informasi menurut para ahli. http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html. diakses tanggal 15 januari 2018

Arifin A. M. M., 2009. sistem informasi dipemerintah kabupaten aceh tengah. jurnal penelitian komunikasi dan pembangunan vol. 10 no 1

Arikunto, Suharsimi. 2006. prosedur penelitian suatau pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Jaya

Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen operasi dan produksi. edisi evisi. BPEF UI

djarwanto, PS. 2001. Edisi kedua. mengenal beberapa uji statistik dalam penelitian. liberti, yogyakarta.

EnggarN.S, Mustafid, dan Agus Rusgiyono., 2016. penerapan metode structural equation modeling untuk analisis kepuasan pengguna sistem informasi akademik terhadap kualitas website. jurnal gaussian vol.5 no.3.

Ferdinand, Auguty. 2014. metode penelitian manajemen. edisi 5. badan penerbit universitas diponogor. semarang

Fahmi, irham. 2014. manajemen produksi dan operasi. cetakan kedua. alfabeta.bandung.

Fathoni, 2009. Analisis kualitas layanan sistem informasi menggunakan metode servqual. konfrensi nasional sistem dan informatika. KNS&109-034.

George H.Bodnar, william s.hopwood, 2000. sistem informasi akuntansi, buku satu, salemba empat. jakarta.

Ghozali. Imam. 2005. aplikasi analisis multivariate dengan proses SPSS. semarang: Badan penertbid universitas diponorogo.

Heizer, jay. Barry render. 2014. operating management sustainabiity and supply chan management. person education limited. united state of america.

Herjanto, Eddy. 2007. manajemen operasi Edisi 3, cetakan keenam. Grasido. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i2.9996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com