Pengaruh citra merek dan lokasi serta electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen

Fahreza Syach, Purwadi Purwadi

Abstract


Fahreza Syach. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan lokasi serta electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen di Warunk Upnormal kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang pernah membeli di warunk upnormal kota samarinda dan konsumen yang pernah makan di tempat dengan Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 107 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hipotesis diuji dengan t test dan F test. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Citra merek berpengaruh signifikan keputusan pembelian konsumen di Warunk Upnormal kota Samarinda dengan thitung > ttabel sebesar 5,986 > 1,983 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Lokasi berpengaruh signifikan keputusan pembelian konsumen di Warunk Upnormal kota Samarinda dengan thitung < ttabel sebesar 0,641 < 1,983 dengan nilai signifikansi sebesar 0,523. (3) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan keputusan pembelian konsumen di Warunk Upnormal kota Samarinda dengan thitung < ttabel sebesar 0,397 < 1,983 dengan nilai signifikansi sebesar 0,692. Besarnya pengaruh citra merek, lokasi, dan electronic word of mouth mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya.

Keywords


Citra merek; lokasi; electronic word of mouth; keputusan pembelian

References


Agustina, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Center for Academic Publishing Service.

Alif Nur Pratomo. (2014). Pengaruh Bauran pemasaran dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak pada Kepuasan Konsumen. 1–132.

Alma, B. (2000). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Aminullah, R., Suharto, A., & Diansari, T. (2018). Pengaruh Harga Lokasi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 204. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1762

Atun, N. I. (2016). Pengaruh Modal , Lokasi , Dan Jenis Dagangan Terhadap. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 318–325.

Cong, Y., & Zheng, Y. (2017). A Literature Review of the Influence of Electronic Word-of-Mouth on Consumer Purchase Intention. Open Journal of Business and Management, 05(03), 543–549. https://doi.org/10.4236/ojbm.2017.53047

Ekatadeus, A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pengguna Grab Car pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan. 1–88.

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic, c, 1–11.

Fadjar, M. (2016). Pengaruh citra merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian mifi smartfren andromax di surabaya. 273, 273–278.

Fahrian, F., Hasiolan, L. B., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Bbm Di Spbu Gasindo Mekar Putra Semarang. Journal of Management, 1(1), 110. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/261

Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). BP UNDIP.

Fure, H. (2014). LOKASI, KEBERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI PADA PASAR TRADISIONAL BERSEHATI CALACA. Journal of Clinical Oncology, 32(27), 3083. https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501

Ghazli, M. (2010). Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Membeli ( Warnet (Warung Internet) Xyz Jl.Singosari, Kota Semarang ). 45–99.

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context *. 23, 5–23.

Haerudin, H. (2010). “PENGARUH CITRA MEREK SEPEDA MOTOR HONDA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN.” 1979–1982.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Iriani, S. R. I. S. (2013). Indra Wijayanto dan Sri Setyo Iriani; Pengaruh Citra merek ... 1.

Jeong, E. H., & Jang, S. C. S. (2011). Restaurant experiences triggering positive electronic word-of-mouth (eWOM) motivations. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 356–366. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.08.005

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi 2). PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th editi). Pearson Education.

KURNIA SARI, A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Madjid, R. (2014). The Influence Store Atmosphere Towards Customer Emotions and Purchase Decisions. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(10), 11–19.

Malik, M. (2016). Pengaruh Dimensi Gaya Hidup Dan Electronic Word of Mouth ( Ewom ) Pada Media Sosial Instagram Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Kafe Cozy Coffee Corner.

Maulida, D., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Baxo Ibu Pudji. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 263–269.

Nugroho, L. A., Lubis, N., & Nurseto, S. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kijang Innova Non Diesel.

Nur, I. D., & Sumiyati. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Grand Mutiara Village. IEEE International Conference on Acoustics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017, 41(2), 84–93.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.

Park, D. H., & Kim, S. (2008). The effects of consumer knowledge on message processing of electronic word-of-mouth via online consumer reviews. Electronic Commerce Research and Applications, 7(4), 399–410. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2007.12.001

Polla, C. F., Mananeke, L., & Taroreh, N. R. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224

Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1849

Putra, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). PENGARUH DISKON TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 184–193.

Rahmadhani, R., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 23. https://doi.org/10.14710/jab.v8i1.23766

RAHMAT, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Siti, A. (2020). Diktat Manajemen Pemasaran. 69.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Tommi Wijaya dan Eristia Lidia Paramita. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Seminar Nasional Dan Call for Paper, 978-602-70429-1–9, 12–19. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/4729%0Ahttp://repository.uksw.edu/handle/123456789/5668

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 277. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i2.277-297

Wijaya, M. H. P. (2013). PROMOSI, CITRA MEREK, DAN SALURAN DISTRIBUSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TERMINIX DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA, 105(1174), 105–114.

Yudaruddin, R. (2014). Statistik Ekonomi;Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i1.9987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com