Pengaruh produk harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan

Mikhael Eky Richman, Suharno Suharno, Saida Zainurossalamia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, dan kepercayaan secara simultan dan parsial terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Penelitian ini dilakukan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Jenis dan Sumber Data yang digunakan adalah data primer, Teknik Probability Sampling dan data sekunder, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi awal dan  pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian diperoleh penulis bahwa Produk, Harga, Dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan Telkomsel. Secara parsial variabel Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan Telkomsel, sedangkan variabel Produk dan Harga secara parsial tidak berpengaruh signifkan terhadap Loyalitas pelanggan Telkomsel.


Keywords


Produk; harga; kepercayaan; loyalitas pelanggan

References


Handoko, Hani T.,2003. Manajemen Jilid II, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta

Harsoyo, Titik Desi. 2009. Perangkap Loyalitas Pelanggan: Sebuah

Pemahaman Terhadap Noncomplainers pada Setting Jasa, Jurnal

Manajemen Teori dan Terapan No.1, hal 27-41

Karsono. 2007. Peran Variabel Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Biaya

Perpindahan yang Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.1

No.1, hal 93-110.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran . Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller . 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I

ed.12, PT. Indeks, Jakarta.

Pradana, Adhitya. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Desain

Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota,

Skripsi Universitas Diponegoro, Semarang.

Ramadania. 2002. Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci

Relationship Marketing Dalam Membangun Loyalitas, JurnalRiset

Ekonomi dan Manajemen Vol.2 No.1, Hal. 33-52.

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Swasta, Basu. 1994. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Jogjakarta.

_____________. 2002. Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

_____________. 2006. Pemasaran Jasa, Bayu Media, Malang.

Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia. 2000. Prinsip dan Dinamika Pemasaran

ed.1, J & J Learning, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2003. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran

Strategik, Andi, Yogyakarta.

Hair, et al 1998, Multivariete Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddie River : New Jersey

Dharmmesta,B.S. dan Handoko,T.H. 1982. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Liberty : Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com