Pengaruh brand image dan brand trust serta brandexperience, terhadap brand loyalty

Raeynisa Nur Shabella, Mohammad Wasil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Membangun model yang menjelaskan proses Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Experience, Terhadapa Brand Loyalty Pada Pengguna Kosmetik Halal di Samarinda. Penelitian ini dilakukan pada wanita dan pria yang berusia 17-35 tahun ke atas dan yang menggunakan Kosmetik Halal di Samarinda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Pada wanita dan pria yang berusia 17-35 tahun ke atas dan yang menggunakan Kosmetik Halal di Samarinda. Metode pegambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image, Brand Trust, Brand Experience, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyaltypada pengguna Kosmetik Halal di Samarinda.


Keywords


Brand image; brand trust; brand experience; brand loyalty

References


Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat, Jakarta.

Aaker, J.L. 2009. “Dimensions Of Brand Personality”, Journal Of Marketing Research, Vol XXXIV. No 3

Alfiyanti, N.E., Setyawan, D., Kusuma, M.A. (2014). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Unit Hemodialisa Rs Telogorejo Semarang.Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang.

Arikunto, Suharsimi . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Brakus, J.J., B.H. Schmitt, dan Zarantonello, L. 2009, Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73: 52–68.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis. Salemba 4, Jakarta.

Delgado-Ballester, E. 2003, “Development and Validation of a Brand Trust Scale,” International Journal of Market Research, Volume 45, Nomor 1, pp. 35-54.

Durianto, Darmadi. 2001. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.Empat. Jakarta.

Fatih,Getci dan Hayrettin Zengin, 2013, The relationship between brand trust, brand affect, attitudinal loyalty and behavioral loyalty : a field study towards sports shoe consumers in Turkey. ISSN International Journal of Marketing Studies. Vol.5 No. 2

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS Center For Academic Publishing Service

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition United States of America : Pearson

Lau, Geok Theg dan Lee, Sook Han, 1999, Consumer Trustin Brand and The Link to

Lutiary Eka Ratri, 2007, Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang, Fakultas Psikologi, Undip, Semarang.

Mitsui, T.,1997, New Cosmetic and Science,191-198, 335-338, Elsevier, Amsterdam.

Nasution, Marihot dan Doddy Setiawan. 2007. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. SNA X Makasar.

Rangkuti, Freddy.2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7th Edition (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT Indeks.

Schmitt, Bernd, 1999, Experiential Marketing. The Free Press New York

Setiadi, J. Nugroho 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suparyanto, Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy 2011, Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Wilkinson, J. B., and Moore, R. J., 1982, Harry’s Cosmeticology, Part One,7th Edition., 222-263, George Godwin, London.




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v7i4.9903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com