Pengaruh produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

Apriani Apriani, Suharno Suharno, J. Kuleh

Abstract


Pada era bisnis saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Semakin meningkatnya permintaan konsumen terhadap rumah makan cepat saji tentu merupakan peluang besar bagi para investor untuk berlomba mengembangkan bisnis rumah makan cepat saji. Salah satu rumah makan cepat saji yang berkembang pesat dan sudah memiliki banyak pelanggan di Indonesia maupun di dunia Internasional adalah McDonald’s. Banyaknya pesaing membuat membuat McDonald’s harus memperhatikan faktor-faktor yang mampu memenuhi kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen Restoran Cepat Saji McDonald’s SCP Samarinda. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada para konsumen Restoran Cepat Saji McDonald’s SCP Samarinda. Sampling sebagai unsur populasi memperoleh peluang yang sama untuk menjadi sampel atau untuk mewakili populasi hasil sampel yang digunakan sebesar 80 responden. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. pada tahap analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SPSS Staistics untuk membantu pengujian model ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan konsumen Restoran Cepat Saji McDonald’s SCP Samarinda.


Keywords


Produk; harga; lokasi; kualitas pelayanan; kepuasan kosumen

References


Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Ke-9. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12.Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan. Indeks. Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suharso, Puguh. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis. Cetakan Pertama. Jakarta

Suswardji, Edi, dkk. 2012. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU. Jurnal Manajemen Vol.10 N0.1 Oktober. 2012.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran Edisi. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com