Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan minat beli ulang

Ali Ahmad Yasin, Gusti Noorlita Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap  Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang; Populasi dalam peneltian ini yaitu Konsumen yang pernah berkunjung lebih dari 1 kali di Ichiban Sushi BigMall Samarinda. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability Sampling Â dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan Aplikasi SmartPLS versi 3.8.9 dan menggunakan SPSS Versi 25 untuk menguji validitas dan reliabilitas responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Word of Mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli Ulang, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang, dan Keputusan Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang.


Keywords


Word of mouth; kualitas produk; keputusan pembelian; minat beli ulang

References


Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit: CV Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103150.

Agustin, C. I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Koran Jawa Pos Radar Kediri. Simki-Economic, 02(03).

Aji, P. bagas. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. STIE PGRI Dewantara Jombang, 10(2), 145160.

Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 127134.

Amelia, W. R. (2017). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Pada Rumah Makan Beringin Indah Pematang Siantar. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 5060.

Ariszani, M., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh citra perusahaan terhadap kepercayaan serta dampaknya pada minat beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 16.

Bayu Pramutoko. (2020). Manajemen Pemasaran: Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran (Vol. 9, Issue 2).

Dewi, D. R., Magdalena, M., & Dhiana, P. (2015). Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Journal of Management, 1(1), 119. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/254/250

Faradiba, & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut Semarang). Diponegoro Journal of Management, 2(3), 111.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (5th ed.). Universitas Diponegoro.

Foster, B. (2017). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product Amidis (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 111. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023

Garvin, D. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 4787. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i1.47

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). PARTIAL LEAST SQUARE: KONSEP, METODE & APLIKASI MENGGUNAKAN PROGRAM WARPPLS 4.0 (2nd ed.). Undip.

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. 23, 523.

H. Susanto, A. (2013). The influence of customer purchase decision on customer satisfaction. Jurnal Emba, 1(4), 1659666.

Hair, f . J. (2014). Multivariate Data Analysis. In Statistica Neerlandica (Edisi 8, Vol. 16, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1467-9574.1962.tb01184.x

Hasan, A. (2013). MARKETING DAN KASUS-KASUS PILIHAN. CAPS.

Hatta, I. H., & Setiarini, S. (2018). Pengaruh Word Of Mouth dan Switching Cost Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 3240. https://doi.org/10.30596/jimb.v19i1.1728

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 2431. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/872

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 7185.

Jogiyanto. (2009a). Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: ANDI Offset.

Jogiyanto. (2009b). Sistem Teknologi Informasi (Ketiga). C.V ANDI.

Jones, B. E. N. M., Sciences, R. P., McGough, H. N., Groves, M., Mustard, M., Brodie, C., Sajeva, M., Botaniche, S., Writing, R., Notes, S., Ardens, B. O. G., Nternational, C. O. I., بخت, م. ح. ن., Improving, H. W., Kilbride, C., Jones, B. E. N. M., Trees, O. G., Guidelines, B. P., Practical, S., … Indonesia, B. (2010). No Title. Biological Conservation, 191.

Jr, J. F. H., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 4351.

Kitapci, O., Akdogan, C., & Dortyol, Ä°. T. (2014). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 161169. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.030

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management (D. Petrino (ed.); 15th ed.). Pearson Education.

Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 3142. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325

Mamuroh, T. (2018). Pengaruh Penampilan Fisik Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada Bakso Lestari Pejagoan. 122.

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Syariah, P. (n.d.). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH. 124137.

Moniharapon, S., Lapian, J., & Lotulung, S. C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 817826.

Nilawati, W. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Kopi ABC Di Desa Pancoran Bondowoso ). 9(1), 7478.

Oloan, S. A. dan M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6, 660–669.

Panwala, T., Rajdev, S., Mulla, S., Pérez Rodríguez, N. M., Galloway, R. L., Blau, D. M., Traxler, R., Bhatnagar, J., Zaki, S. R., Rivera, A., Torres, J. V., Noyd, D., Santiago-Albizu, X. E., García, B. R., Tomashek, K. M., Bower, W. A., Sharp, T. M., Technologique, E., Mwachui, M. A., … Levett, P. N. (2017). No Title. PLoS Neglected Tropical Diseases, 9(5), 114. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Rachman, B. R., Totok, D., & Abadi, W. (2016). Komunikasi Word of Mouth.

Rosita, R. (2016). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, Dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1(2), 98103.

Sallam, M. A. (2014). The Effects of Brand Image and Brand Identification on Brand Love and Purchase Decision Making: The Role of WOM. International Business Research, 7(10), 187193. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n10p187

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan a-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis.

Shabrina, sekar ayu, & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Administrasi Bisnis, IX(Iv), 475482.

Soim, F. M., Abdillah, Y., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (n.d.). ( Studi pada Pembeli Kartu Perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos). 35(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). ALFABETA, CV.

Sugiyono, M. (2015b). UJI_VALIDITAS_DAN_RELIABILITAS.pdf.crdownload.

Sumiati, S., & Gea, D. (2021). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Bermerek Pada Pt. Bernofarm. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 5767. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18324

Suryana, P. (2013a). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Trikonomika, 12, 190200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/trikonomika.v12i2.479.

Suryana, P. (2013b). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Trikonomikao, 12, 190200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/trikonomika.v12i2.479

Tjiptono. (2008). Stratergi Pemasaran. In Edisi Kedua, Penerbit Andi,Yogyakarta.

Varshney, S., & Aulia, S. (2017). The Impact of Advertising on Consumer Purchase Decision with Reference to Consumer Durable Goods in Oman. International Journal of Managerial Studies and Research, 5(12), 11–19. https://doi.org/10.20431/2349-0349.0512002




DOI: https://doi.org/10.30872/jimm.v8i4.9775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com