Pengaruh kepemimpinan transformational dan integritas perilaku, terhadap kepercayaan kepada pimpinan dalam peningkatan kinerja SDM

Sandria Kurnianto, Tetra Hidayati, Robiansyah Robiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transformational, Integrtitas Perilaku, dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kinerja SDM di PT LG Elektronics Indonesia Cabang Samarinda. Variabel independen dalam penelitian ini adlah Kepemimpinan Transformational dan Integritas Perilaku, sedangkan variable dependen dalam penellitian ini adalah Kepercayaan terhadap pimpinan dan Kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT LG Elektronics Indonesia Cabang Samarinda. Jenis penelitian adalah penelitian populasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengamati Pengaruh Kepemimpinan Transformational, Integrtitas Perilaku, dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kinerja SDM secara simultan dan parsial. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Transformational berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM, 2) Kepemimpinan Transformational berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan, 3) Kepecayaan bawahan terhadap atasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja SDM, 4) Integritas Perilaku berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja SDM, 5) Integritas Perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan bawahan terhadap pimpinan.


Keywords


Kinerja SDM; kepercayaan terhadap pimpinan; kepemimpinan transformational; integritas perilaku

References


Abdul,Madjid.2005. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BAPPEDA Kota Semarang. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Assauri,Sofjan.2004. Manajemen Persediaan dan Operasi (Edisi operasi). Lembaga Penerbit FEUI. Jakarta.

Bangun,Wilson.2012. Manajamen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Bandung.

Bass, B.M. & Riggio.R.E.2006. Transformational Leadership.Mahwah.NJ:Lawrence Erlbaum.

Biatna Dulbert Tampubolon (2007). Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi Yang Telah Menerapkan SNI. Pusat Penelitian dan Pengembangan Standarisasi BSN.

Burns.1978. Transactional and Transforming Leadership.Harpers Collins.

Childers, W.H.2009.Transformational Leadership and Its Relationship To Trust and Behavioral Integrity.

Colquitt.Jason A.Jefferey A.Lepine.and Michael J.Wesson.2009. Organiztional Behavior.Improving Performance and Commitment in The Workplace. McGraw Hill International Edition.

Das, T.K dan B.S. Teng.1998. Resource and Risk Management in the Strategic Alliance Making Process. Journal of Management.24(1):21-42.

Dessler,Gary.2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kesepuluh jilid 1. Penerbit PT. Indeks. jakarta

Dharma,Surya.2004. Manajamen Kinerja : Falsafah, Teori, dan Penerapannya. Jakarta : Program Pascasarjana FISIP.

Dwi Prawani Sri Redjeki dan Jefri Heridiansyah.2013. Memahami Sebuah Konsep Integritas. Jurnal STIE Semarang. Vol 5.No 3.

Fitri Nugraheni.2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja dengan Kepercayaan Terhadap Pemimpin dan Keadilan Distributif sebagai Variabel Pemoderasi. Tesis UNS Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v0i0.977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com