Pengaruh likuiditas dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2015-2019

Nur Lina, Hairul Anwar

Abstract


Likuiditas dan efisiensi modal kerja akan sangat mempengaruhi tingkat profitabilitas pada perusahaan. Apabila likuiditas dan efisiensi modal kerja mengalami kenaikan maka profitabilitas didalam perusahaan akan mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan efisiensi modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan farmasi. Model analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah penelitian ini adalah regresi linier berganda. berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa Current Ratio Tidak Berpengaruh terhadap profitabilitas dan working capital turn over berpengaruh terhadap profitabilitas.


Keywords


Efisisensi modal kerja; likuiditas; profitabilitas

References


Brigham, & Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Buku 1 (edisi II). Salemba Empat: Jakarta

Budi, Setyo. Nugroho. (2012). Analisis Pengaruh Efisiensi Modal Kerja, Likuiditas, dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu Administrasi Bisinis , Vol 1 No 1.

Dwiyanti Novia. Sudiartha, Merta, Gede. 2017 " Pengaruh Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi". Universitas Udayana. Bali.

Ganesan, Vedaniyagam. (2007). "An Analysis Of Working Capital Management Efficiency In Telecommunication Equipment Industry". River Academic Journal , Volume 3, Number 2.

Ghozali, Imam. (2009). Ekonometrika: Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

.(2010). Pokok-Pokok Analisa Laporan Keuangan . BPFE: Yogyakarta

Hani, Syafrida. 2015. Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.

Irawan, Fenny., Aulia, Yosi., & Ronni, Andri. Wijaya. (2010). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). [TESIS] , Padang (ID): Akuntansi UPI- YPTK.

Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Press: Jakarta

. (2012). Analisis Laporan Keuangan . Raja Garafindo: Jakarta

Munawir, Slamet. (2007). Analisis Laporan Keuangan. BPFE: Yogyakarta

Noor, Juliansyah. (2012). Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Edisi Pertama. Cetakan Ke 2. Kencana Prenada Media Group: Jakarta:

Pertiwi,Yuliana. 2016. "Pengaruh Efektifitas Modal Kerja dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada PT Telkomunikasi Indonesia Tbk" . Universitas Muhamadiyah Palembang.

Ristanti Virghina, Topowijoyo, Sulastri Sri, 2015. ") Pengaruh Likuiditas dan Efisiensi Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar Di BEI Tahun 2011-2013). Universitas Brawijaya. Malang

Riyanto, Bambang. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. BPFE: Yogyakarta

Sawir, Agnes. (2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Sariyana, Mangdartha, Bagus. Yudiatmadja, Frisdayana. Suwendra, Wayan, I. 2016 "Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Likuiditas pada Profitabilitas (studi perusahaan Food and Baverages). Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Suharyadi, & Purwanto. (2008). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Salemba Empat: Jakarta

Sule, Erni. Tisnawati., & Saefullah, Kurniawan. (2010). Pengantar Manajemen Edisi Pertama. Cetakan Kelima. Kencana: Jakarta

Sutrisno. (2008). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Edisi Pertama. Ekonisia: Yogyakarta

Syafri, Sofyan. Harahap. (2008). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Syamsudin, Lukman. (2001). Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Raja Grafinda Persada: Jakarta

http//www.idx.co.id

http://www.sahamok.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v6i2.9737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com