Pengaruh kecerdasan emosional dan pelatihan terhadap kinerja karyawan

Robbyatul Alawiyah Husnah, Sukisno S. Riadi, Purwadi Purwadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan pelatihan terhadap kinerja karyawan Bankaltimtara KCU Samarinda. Populasi dalam penelitian ini ada karyawan Bankaltimtara KCU Samarinda yang berjumlah 60 karyawan. Dengan menggunakan teknik sampel  purposive sampling seperti dengan syarat karyawan berstatus karyawan tetap Bankaltimtara KCU Samarinda yang telah bekerja minimal dua tahun dan pernah mengikuti pelatihan maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 karyawan. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Kecerdasan emosional; pelatihan; kinerja karyawan

References


Anggereni, N. W. E. S. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 606-615.

Dessler, G., (2017). Human Resource Management (15th Ed.). London: Pearson Education.

Firmansyah, D., Raspati, G., & Hidayat, R. E. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Rismawan Pratama Bersinar Sukabumi. Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 15 (1), 71-79.

Kimbal, D. A., & Rahyuda, A. G. (2015). DUKUNGAN ATASAN TERHADAP TRANSFER PELATIHAN PADA KARYAWAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) BALI CABANG RENON. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(11), 3537–3564.

Marga, Y. K. (2016). Pengaruh Pelatihan, Kecerdasan Emosional, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pelayaran Tempuran Emas Surabaya. E - Jurnal Manajemen Kinerja, 3, 57–63.

Mondy, R. W. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (10 jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial (Edisi Kedua). Yogyakarta: Gava Media.

Putri, Y. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Pln Persero Area Klaten. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(1), 88–97.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (Seventeenth Ed). London: Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v7i2.9731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

 
 
JIMM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License