Analisis ewom, brand image, brand trust dan minat beli produk smartphone apple

Nurfahrina Nurfahrina, Syarifah Hudayah, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh eWOM terhadap brand image produk smartphone Apple, (2) pengaruh eWOM terhadap brand trust produk smartphone Apple, (3) pengaruh brand image terhadap minat beli produk smartphone Apple, (4) pengaruh brand trust terhadap minat beli produk smartphone Apple, (5) pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone Apple. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Mulawarman yang mengetahui smartphone Apple. Sampel sebanyak 75 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) eWOM berpengaruh positif terhadap brand image produk smartphone Apple, (2) eWOM berpengaruh positif terhadap brand trust produk smartphone Apple, (3) brand image berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Apple, (4) brand trust berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Apple, serta (5) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone Apple.


Keywords


Ewom; brand image; brand trust; minat beli

References


Anggitasari, Annisa Mayga. 2016. Pengaruh eWOM Terhadap Brand Image dan Brand Trust, Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Smartphone Iphone (Studi pada Masyarakat di Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Chevalier, J., dan Mayzlin, D. 2006. The Effect of Word of Mouth on Sales: Online. Book Reviews. Journal of Marketing Research. 43(3):345- 354.

East, R., Hammond, K., dan Lomax, W. 2008. Measuring the impact of positive and negative word of mouth on brand purchase probability. International Journal of Research in Marketing 25 (3) :215-224.

Effendy, Onong Uchana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Jakarta.

Goldsmith, R. 2008. Electronic Word-of-Mouth, E-commerce. Idea Group Reference Global. Florida.

Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. 2010. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 11th edition. McGraw-Hill. New York.

Jalilvand, M. R. dan Samiei, N. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran, Marketing Intelligence & Planning. 30(4): 5-8

Jansen, B.J., Zhang, M., Sobel, K., dan Chowdury, A. 2009. Twitter Power: Tweets as Electronic Word of Mouth. Journal of the American Society for Information Science and Technology.

Kania, M. 2013. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Testimonial Di Thread (Lapak) Forum Jual Beli Kaskus), Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Indonesia. Depok.

Kautonen, T., dan Karjaluoto, H. 2008. Trust and New Technologies: Marketing and Management On the Internet and Mobile Media. Edward Elgar. Cheltenham.

Kotler, Philip. 2007. Marketing Management, Millennium Edition. Hendra Teguh, Ronny A, Rusli dan Benyamin Molan (terjemahan). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. PT Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Marketing Management, 12th Edition. Benyamin Molan (terjemahan). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. PT.Indeks. Jakarta.

Nalau, A. 2012. Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts & Coffee Di Plaza Mulia Samarinda. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Mulawarman. Samarinda.

Riyandika, M. 2013. Analisa Pengaruh Electronic Word of- Mouth, Argument Quality,Message Source Credibility Terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Purchase Intention. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Sandes, F dan Andre, T. 2013. Electronic Word of- Mouth Impacts on Consumer Behavior: Exploratory and Experimental Studies, Journal of International Consumer Marketing, (25) April:181–197.

Semuel, Hatane dan Lianto, Adi Suryanata. 2014. Analisis eWOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Surabaya. 8 (2) Oktober




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com